Tips Menanam Bunga Sedap Malam
Karangan bunga, Pusat Bunga, toko bunga, Toko bunga online

Tips Menanam Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga. Bunga ini sangat cantik dan tentunya bagai orang menyukai bunga ini. Bunga sedap malam atau Polianthes tuberosa ini sering digunakan untuk pembuatan parfum dengan mengambil minyak bunganya.

Tanaman sedap malam tidak berasal dari Indonesia melainkan dari Meksiko. Bunga yang kerap dipanggil dengan ratu malam ini bisa mekar pada malam hari. Selain itu, tanaman ini diberi nama sedap malam karena aroma wangi dan harum dari bunga ini lebih akan tercium pada malam hari.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

cara-menanam-bunga-sedap-malam

 

Syarat Tumbuh Sedap Malam

Untuk menanam tanaman sedap malam sebenarnya tidak sulit. Bunga sedap malam sebagai tanaman hias tidak terlalu manja terhadap tempat pertumbuhannya. Jadi, sedap malam bisa ditanam langsung pada media tanam tanah pada lahan atau menggunakan media tanam lain seperti pot atau polybag.

Bunga sedap malam merupakan tanaman yang bisa mengalami pertumbuhan yang baik dengan hasil bunga yang bagus apabila dibudidaya di dataran rendah dengan rentang ketinggian antara 600 – 1.500 meter dari atas permukaan laut. Jika penanamannya di dataran sedang, maka sedap malam akan menghasilkan bunga dengan tangkai panjang yang kurang kuat sehingga nilai estetikanya akan berkurang.

Tumbuhan hias yang mempunyai aroma khas pada bagian bunganya ini bisa tumbuh secara optimal jika ditanam di dataran rendah dengan suhu pH tanah 5 – 5,7. Apabila ternyata Anda tinggal di dataran tinggi, maka lebih baik pikirkan kembali untuk membudidayakan tanaman ini karena meski bisa tumbuh di daerah dataran tinggi, tampilan serta perkembangannya kurang baik.

Proses Pembibitan

Seperti kegiatan pembibitan beberapa jenis tanaman hias lain, bunga sedap malam juga memerlukan bibit yang harus dibiarkan dulu agar mudah bertunas. Carilah bibit sedap malam berupa umbi, tujuannya untuk memperbanyak tanaman sedap malam.

Pilih umbi dari tanaman yang sudah tua, setidaknya berusia 1,5 tahun dengan tinggi 1 – 2 cm. Setelah dapat umbinya, simpan selama satu bulan penuh agar nanti lebih cepat bertunas sehingga memperbesar kemungkinan tanaman tumbuh dengan sempurna saat ditanam.

Proses Persiapan Media Tanam

Dikarenakan menanam bunga sedap malam yang kita bahas menggunakan media tampung berupa pot atau polybag, maka media tanam yang lebih ideal untuk mengisinya adalah campuran dari beberapa media tanam. Buatlah campuran media tanam dengan perbandingan 1:1:1 untuk tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Setelah media tanam tercampur dengan rata, berikutnya langsung Anda masukkan ke dalam pot atau polybag. Jangan lupa sebelumnya Anda gunakan pot atau polybag yang pada bagian bawahnya terdapat lubang-lubang kecil (drainase). Dengan demikian, maka risiko akar tanaman membusuk akibat penyiraman menjadi lebih kecil karena terdapat lubang drainase air di bawah media pertumbuhan.

Proses Penanaman

Langkah terakhir adalah kegiatan penanaman. Proses menanam bunga sedap malam cukup mudah, Anda hanya perlu membuat lubang sedalam 5 cm pada media tanam yang sudah dimasukkan ke dalam pot. Setelah itu, masukkan umbi tanaman yang telah disimpan tadi ke dalam lubang, lalu tutup dengan tanah dan padatkan.

Ketika umbi sudah ditanam, langsung ambil air untuk menyiram tanaman tersebut. Lakukan penyiraman secara teratur agar umbi lebih cepat bertunas. Begitu sampai tahap ini, Anda hanya perlu melakukan perawatan untuk memperhatikan kelembaban lahan tanam agar tidak kering dan tidak terlalu basah.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *