Tips Budidaya Gelombang Cinta
Karangan bunga, Pusat Bunga, toko bunga, Toko bunga online

Tips Budidaya Gelombang Cinta

Punyakah Anda tanaman gelombang cinta di rumah? Seperti namanya “gelombang cinta” Bentuk daunnya yang bergelombang. Tanaman ini sangat cantik. Dan satu lagi seperti namanya juga, tanaman ini sangat dicintai oleh beberapa kalangan.

Tanaman gelombang cinta ini sendiri merupakan salah satu tanaman hias tropis yang memiliki daya tarik yang lumayan tinggi sebagai tanaman yang bisa menghias di dalam ruangan karena bentuk dari daun bergelombangnya yang indah. Gelombang cinta merupakan tanaman Anthurium.  tanaman yang memiliki daun indah ini, Anthurium memang varietas asli dari Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki banyak jenis dari anthurium, setidaknya ada beberapa jenis yang sangat terkenal yaitu : wali songo/ anthurium pedatoradiatum, anthurium makrolobum, lidah gajah/ anthurium hibridum, anthurium scherzerianum, kuping gajah/ anthurium crystalinum, anthurium rafidooa dan anthurium andreanum. Bahkan tanaman hias ini adalah tanaman populer di kerajaan daerah Jawa.

Cara Budidaya Bunga Gelombang Cinta

Anthurium ini konon sangat di puja sebagai tanaman sang raja. Tertarik membudidayakan gelombang cinta ini? Yuk simak cara budidaya gelombang cinta berikut ini :

1. Memperbanyak Dengan Biji

Ada beberapa cara dalam memperbanyak gelombang cinta, salah satunya adalah dengan menggunakan biji ini merupakan cara menanam gelombang cinta dalam pot. Caranya adalah sebagai beikut :

  • Setelah biji dari gelombang cinta mulai matang maka ambilah biji-bji tersebut. Ini akan nampak jika sudah banyak biji yang mulai berjatuhan.
  • Menyiapkan media semai untuk biji gelombang cinta. Media semai tersebut terbuat dari campuran arang sekam padi, tahan halus dan pupuk organik yang sudah di campur dengan merata.
  • Gunakan pot kecil untuk memasukan media semai. Agar anda tidak repot nantinya untuk memindahkan bibit yang telah tumbuh maka sebaiknya hanya menyemai biji satu per satu pot.
  • Tutup biji gelombang cinta tersebut defan arang sekam padi atau pupuk organik secara tipis dengan perkiraan tebal 2 hingga 3 cm.
  • Biasanya para petani budidaya gelombang cinta akan menutup pot dengan plastik agar tanah atau media penyemaian biji tersebut terjaga kelembabannya setelah di lakukan prosesi penyiraman.
  • Setelah melakukan hal tersebut ulangi langkah penyiraman dengan cara yang sama hingga bibit mulai tumbuh dan pindahkan ke media yang lebih besar jika sudah berukuran lebih dari 3 cm.

2. Perbanyak Dengan Metode Split

Selain melakukan perbanyakan dengan biji, gelombang cinta bisa anda perbanyak dengan metode split.

Berikut cara dan teknis pengerjaannya untuk cara budidaya gelombang cinta:

  • Tanaman yang akan di lakukan pemotongan atau pemisahan atau menggunakan split harus berada dalam kondisi yang baik, sehat dan tidak terkena mal nutrisi atau terserang hama penyakit tanaman.
  • Anda harus menaroh tanaman yang terkena metode split di daerah tedh dan tidak terkena sinar matahari hingga pertumbuhan tunas baru muncul.
  • Pisau yang di gunakan adalah yang steril dan tajam agar tidak terjadi pembusukan pada bekas tempat yang di potong.
  • Jaga Kelembaban dari media, jangan terlalu kering maupun terlalu basah. Gunakan pasir sebagai bahan campuran media.
  • Luka pemotongan bisa anda berikan anti jamur maupun fungisida.
  • Jika sudah timbul tunas pada bonggol, maka jangan terlalu tergesa-gesa untuk memisahkannya. Sebaiknya anda tetap menunggu hingga muncul 2 hingga 3 helai daun.
  • Anda bisa memberikan nutrisi untuk merangsang adanya pertumbuhan akar maupun pertumbhan tunas dengan pemakaian dosis yang tepat. 

3. Pemilihan Pot

Setelah bibit dari gelombang cinta mulai tumbuh, tentunya nda harus memindahkannya ke dalam wadah atau pot yang lebih besar. Seperti ketika anda mempelajari cara menanam bunga casablanca maka anda harus memilih pot yang tepat dari jenis dan ukurannya. Jika anda memilih pot plastik, maka pot ini akan memiliki kelebihan berupa lebih ringan, akan lebih mudah dalam penyimpanan, ukuran beragam, warna banyak, relatif lebih murah dan tahan lama. Sedangkan kekurangannya adalah : Pori-pori pada pot hanya sedikit di bagian bawah dan ini akan lebih memperlambat penggantian air.

Sesuaikan ukuran dengan pemilihan pot untuk tanaman gelombang cinta ini. Semakin besar ukuran pot yang anda pilih, maka tumbuhan ini akan berkemungkinan untuk tumbuh lebih subur dan lebih besar. Perbandingan diameter pot dengan tinggi tanaman ini adlah 1 : 2. Setidaknya diameter pot nantinya harus mencapai 70% dari panjang gelombang cinta yang anda tanam tersebut.

4. Media Tanam Gelombang Cinta

Gelombang cinta akan tumbuh subur di media tanam yang menggunakan pasir, pupuk kandang atau humus. Biasanya para petani gelombang cinta akan mengisi sebagian bawah pot dengan pecahan genteng. Kemudian masukan bibit gelombang cinta dan timbun hingga menutupi akar menggunakan campuran dai media tanam diatas.

Hal ini di gunakan untuk kelancaran dari sirkulasi air dan memberikan ruang pada akar untuk tetap tumbuh tanpa adanya berbagai hambatan yang berarti seperti halnya pada cara menanam bunga bakung.

5. Lokasi Pembudidayaan

Sebaiknya anda memilih lokasi yang cukup teduh agar tidak menyebabkan kelayuan daun akibat paparan sinar matahari langsung yang berlebihan. Inilah mengapa budidaya gelombang cinta biasanya di lakukan di atap maupun di bagian belakang dan teras rumah yang beratap.

6. Proses Perawatan

Proses perawatan dari budidaya gelombang cinta tidaklah terlalu sulit. Dimana anda hanya perlu meletakan mereka di tempat yang pas, teduh dan beratap. Agar gelombang cita tumbuh secara subur maka berikut cara perawatannya:

  • Ganti pot secara berkala menurut pertumbuhan dari gelombang cinta tersebut.
  • Pindahkan tunas baru kedalam pot yang lebih kecil agar bisa berkembang dengan sempurna dan maksimal.
  • Lakukan penjemuran untuk mendapatkan sinar matahari pagi agar bisa menunjang pertumbuhan dari gelombang cinta, walaupun terpapar dalam waktu yang lama akan membuatnya layu, namun penjemuran selama waktu tertentu dipagi hari justru akan mengoptimalkan pertumbuhan gelombang cinta tersebut.
  • Sesuaikan kondisi media tanaman dengan prosesi penyiraman gelombang cinta. Jangan biarkan terlalu basah dan juga teralalu kering, ya! Perlu di ketahui bahwa jika media tanam gelombang cinta terlalu lembab dan basah maka tumbuhan ini tidak akan berkembang secara baik. Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali setiap hari jika sedang berada pada musim kemarau dan hanya sekali sehari bila masih penghujan.
  • Keindahan dan daya tarik gelombang cinta adalah pada keindahan daunnya. Maka untuk merawat dan menjaga keindahan daun agar tetap mengkilat anda bisa melakukan perawatan dengan mengoleskan cairan susu ke daun gelombang cinta tersebut.
  • Pemupukan seperti pada cara menanam bunga chrysanternum bisa anda lakukan dengan dosis yang tepat agar bisa merangsang dan menyuburkan tanaman ini. Seperti ketika anda mempelajari berbagai teknik budidaya tanaman hias yang lain.

Demikianlah penjelasan singkat tentang tata cara membudidayakan gelombang cinta yang bisa anda pelajari. Hanya membutuhkan keuletan dan kesabaran untuk membuahkan hasil budidaya yang maksimal dan sesuai dengan yang di harapkan. Selamat mencoba cara-cara budidaya gelombang cinta tersebut!

Terimakasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *