Artikel Bunga, toko bunga

Simak, Begini Khasiat Bunga Sedap Malam

SIMAK, BEGINI KHASIAT BUNGA SEDAP MALAM

Bunga Sedap Malam – Apa yang kamu ketahui tentang bunga sedap malam? Bunga sedap malam ini memiliki banyak manfaat loh. Selain untuk pembuatan parfum, bunga sedap malam ini memiliki khasiat yang bagus untuk penyembuhan beberapa penyakit. Nah berikut adalah beberapa khasiat bunga sedap malam. Mari simak bersama-sama.

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam

Setelah Anda berhasil menanam bunga sedap malam, maka sebaiknya Anda ketahui juga beberapa manfaat yang dimiliki oleh bunga sedap malam.

Bisul dan Bengkak

Bagian akar bunga sedap malam bisa dipakai untuk memecahkan bisul serta mengurangi rasa sakit karena memar atau bengkak. Cara membuat ramuan pengobatannya ialah dengan mengambil akar sedap malam seperlunya, kemudian dicuci dengan air hingga bersih. Setelah bersih, tumbuk akar sampai halus lalu tempelkan pada area permukaan kulit yang terdapat bisul atau bengkak.

Katarak

Bagian kelopak bunga bisa dimanfaatkan oleh penderita katarak. Caranya, sediakan sekitar 50 kuntum bunga sedap malam, lalu rebus pada 1.500 cc air hingga mendidih. Diamkan hingga air dingin, setelah itu gunakan untuk mencuci mata.

Rematik

Meski bunga sedap malam digolongkan ke dalam tanaman hias, namun pada beberapa daerah banyak yang menjadikannya sebagai tanaman obat keluarga. Orang-orang memanfaatkan akar sedap malam untuk mengobati rematik. Caranya, sediakan 30 gram akar bunga sedap malam, gula merah, jahe merah sekitar 20 gram, dan 400 cc air. Rebus semua bahan, sampai mendidih, saring dan minum airnya dua kali sehari.

Radang Tenggorokan

Apabila Anda sedang tertimpa masalah radang tenggorokan, segera ambil akar sedap malam yang ada di halaman rumah Anda. Campurkan 20 gram akar sedap malam dengan 25 gram sambiloto segar ke dalam 600 cc air mineral. Rebus hingga air tersisa setengahnya, lalu saring dan minum ramuan herbal tersebut sehari dua kali masing-masing 150 cc.

Influenza

Di dalam bagian akar tanaman tersimpan banyak senyawa kimia yang memiliki fungsi pengobatan. Salah satunya untuk menyembuhkan influenza. Cara pemakaiannya, ambil sekitar 20 gram akar sedap malam, lalu siapkan juga 15 gram jahe dan 2 gram batang daun bawang putih. Rebus semua bahan tersebut pada 600 cc air hingga tersisa separuh, kemudian tunggu dingin dan minum sehari dua kali masing-masing dengan takaran yang sama.

Menambah Stamina

Bila aktivitas harian menguras banyak tenaga Anda, maka segara kembalikan dengan membuat ramuan penambah stamina dari bunga sedap malam. Cara membuatnya aalah dengan mencampurkan sedap malam dengan beberapa rempah. Siapkan 50 kuntum bunga sedap malam, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 50 gram kacang kapri, jahe dan bawang putih secukupnya. Tumis semua bahan tersebut dengan minyak goreng tanpa kolesterol dan maizena encer, masak hingga matang.

Campuran Parfum

Selain mempunyai manfaat kesehatan, ternyata sedap malam juga bisa membuat seseorang lebih percaya diri karena mempunyai aroma pakaian yang wangi. Benar sekali, sedap malam telah lama dipakai oleh suku Asmat untuk membuat minyak wewangian. Hingga kini, banyak sekali pembuat produk wewangian yang menggunakan campuran bahan yang salah satunya adalah bunga sedap malam.

Begitulah cara menanam bunga sedap malam, cara merawat beserta manfaat atau kemampuan dari bunga sedap malam. Pastikan Anda selalu memperhatikan pertumbuhan dan kondisi tanaman agar tidak layu dan senantiasa menjaga rumah Anda tetap asri dan wangi.

Terimakasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *