Seputar Kembang Sepatu

Seputar Kembang SepatuSEPUTAR KEMBANG SEPATU

Kembang Sepatu – Dijaman kecil, pasti Anda akan menemukan banyak kembang sepatu ini dipinggir sungai. Hayoo siapa yang sering main di pinggiran sungai? Perlu Anda ketahui, bahwa kembang sepatu ini bisa dijadikan untuk mempercantik taman Anda. Yuk simak ulasan mengenai kembang sepatu berikut ini.

Kenali Bagian Kembang Sepatu

Kembang sepatu memiliki 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan, sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Pada umumnya tinggi pohon kembang sepatu sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing.  Di daerah tropis atau rumah kaca tanaman ini berbunga sepanjang tahun, sedangkan jika di daerah subtropis tanaman ini hanya berbunga saat musin panas hingga mencapai musim gugur.

MANFAAT BUNGA SEPATU

Kembang sepatu bentuknya tidak terlalu besar diameter bunganya sekitar 6cm sampai 20cm. putiknya menjulur keluar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman ini bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Cara berkembang biaknya dengan cara di stek, pencangkokan, dan penempelan.

Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Bunga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai bunga persembahan. Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagaibahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.

Di Okinawa, Jepang digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati?) sehingga banyak ditanam di makam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat