artikel

Sejarah Bunga Dahlia

SEJARAH BUNGA DAHLIA

Sejarah Bunga DahliaBunga dahlia hanya bisa hidup di dua musim, yaitu musim panas dan musim gugur. Di artikel sebelumnya sudah kita sedikit banyak kita singgung tentang bunga dahlia. alangkah lebih baik kita mengetahui bagaimana sejarang dari bunga dahlia.

Tanaman hias yang satu ini sebenarnya bukan bunga asli Indonesia melainkan berasal dari negara Meksiko. Disana pun bunga dahlia telah diakui dan menjadi bunga nasional. Berbicara soal budidayanya, terbilang cukup sulit bila kamu kurang mengetahui teknik dasar perkembangbiakan serta pertumbuhanya.

Meski pertumbuhanya bagus di skala ketinggian 700-1000 m dpl tidak menutup kemungkinan hasilnya bisa saja lebih buruk mengingat perlu perawatan dan pemeliharaan khusus agar bunga dahlia tumbuh secara optimal. Sebelum berlanjut ke cara penanaman, mari simak dahulu bagaimana sejarah singkat kemunculan bunga cantik nan indah ini.

Sejarah

sejarah bunga dahlia cukup panjang

Waktu itu tahun 1872, negara Belanda telah banyak mendapat kiriman sekotak bunga dahlia dari Meksiko. Usut punya usut, ternyata hanya satu yang berhasil muncul bunga bewarna merah segar dengan daun runcing. Kemudian, ahli tanaman di negara tersebut akhirnya mampu mengembangbiakan Bunga Dahlia sehingga demi mengharumkan namanya disebutlah bunga Dahlia juarezill.

Inilah seluk beluk nenek moyang bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang ada sampai sekarang. Berdasar sumber, spesies bunga dahlia telah ada lebih dari ratusan kultivas yang tersebar di belahan dunia sedangkan variasi warnanya pun sangat anggun dan mempesona serta di situlah letak daya tarik tersendiri bagi para penggemar tanaman hias ini.

Karakteristik Bunga Dahlia

karakteristik bunga dahlia cukup jelas dan kuat

Pada dasarnya ciri – ciri bunga dahlia hampir mirip dengan bunga pada umumnya namun ada perbedaan mencolok yakni pada ketinggianya yang mampu mencapai beberapa meter. Untuk warna bunganya sendiri nampak bermacam – macam mulai dari merah, ungu, violet jingga serta kombinasi warna tersebut.

Berdiameter antara 5 cm sampai 30 cm, spesies ini terlihat begitu anggun dan cantik. pada bagian daunya berbentuk mengerucut ke bagian ujung dan batangnya berkayu meski terdapat banyak pembuluh. Bagi kamu yang ingin membudidayakanya tanaman hias ini cocok sekali ditanam pada daerah dataran tinggi sekitar 700-1000 m dpl sedangkan keasaman tanah antara PH 6-8.

Manfaat Bunga Dahlia

manfaat bunga dahlia banyak sekali

Sebenarnya ada banyaks sekali manfaat bunga dahlia salah satunya adalah sebagai tanaman hias. Pasti kamu sudah tahu bahwa aroma warna bunga dan aromanya tentu semakin memberikan nuansa kesejukan di halaman maupun pekarangan rumahmu.

Di sisi lain, ternyata bagian bunga dahlia juga dapat diperdagangkan dan sering dipakai untuk merangkai bunga duka cita khususnya jenis dahlia kaktus. Adapun bagian umbinya bisa digunakan dalam pengawetan makanan atau pembuatan sirup. Hal itu karena ubi bunga dahlia mengandung inulin dimana fermentasi oleh enzim tertentu berubah menjadi fruktosa.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *