Pengertian Bunga Lawang

toko bunga jogjaPENGERTIAN BUNGA LAWANG

Toko Bunga Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang manfaat bunga lawang. Lantas apa sih bunga lawang? Seperti apa bunga lawang? Nah pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin menjadi pertanyaan Anda semua bukan? Maka dari itu, yuk simak ulasan berikut ini.

Bunga Lawang Vietnam

Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah. Nama Bunga Lawang dalam Bahasa Tionghoa adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti “delapan tanduk”, sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak. Bunga Lawang mempunyai bau khas yang kuat. Dari asalnya di Tiongkok, rempah ini mulai diperkenalkan di Eropa pada awal abad ke-17 dan sejak saat itu mulai meraih popularitas. Minyak yang dihasilkan dijadikan bahan perisa dalam minuman.

Bunga Lawang sebenarnya bukannya bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang Padang, masakan Jawa, dan Bali.

Selain menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan tradisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi. Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung.

Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai obat influenza. Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki bunga lawang juga berguna dalam pengobatan asma, bronchitis, dan batuk kering. Sementara itu, linalool, senyawa lainnya pada bunga lawang mengandung sifat antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baca juga : Toko Bunga di Jogja

berikut manfaat dan kegunan bunga lawang (star anise):

  1. Menyehatkan jantung

Sifat analgesik juga ditemukan dalam minyak bunga lawang, yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi rempah ini secara rutin, maka tekanan pada jantung dapat diminimalisir sehingga dapat bekerja dengan optimal.

  1. Menghilangkan bau mulut

Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan menambahkan bunga lawang ke dalam masakan anda.

  1. Mengobati nyeri haid

Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen yang berguna untuk mengatasi gangguan hormonal yang pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat haid. Caranya, oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga dapat diminum, setelah dicampur dengan asam jawa dan air hangat.

  1. Mengatasi sembelit dan perut kembung

Bunga lawang juga dapat bertindak sebagai stimulan pencernaan, sehingga orang China menggunakan rempah ini untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Caranya, seduh minyak ini dengan air hangat dan minum di pagi hari.

  1. Mengurangi gejala rematik

Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

  1. Melegakan pernafasan

Cukup dengan menyeduh bunga lawang bersama secangkir air hangat, dapat mengatasi gejala morning sickness dan melonggarkan pernafasan. Manfaat ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan minyak ini sebagai aroma terapi.

  1. Mengobati influenza

Khasiat bunga lawang memang luar biasa. Minyak dari rempah ini ternyata bersifat anti-jamur, anti-mikroba dan antiseptik. Tentu saja sifat ini bermanfaat untuk mengatasi flu dan demam. Senyawa dalam bunga lawang yang disebut shikimic asam, sangat ampuh untuk melawan virus influenza.

  1. Mengatasi luka dan lecet

Luka ringan di kulit akan mudah sembuh dengan aplikasi bunga lawang. Rempah ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat pemulihan luka.

  1. Mengobati insomnia

Bunga lawang mempunyai aroma yang kuat, sehingga efektif untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Dengan minum teh bunga lawang, kualitas tidur akan meningkat dan anda akan bangun tidur di pagi hari dalam keadaan segar.

  1. Membantu mengobati asma dan bronchitis

Bunga lawang memiliki sifat anti-bacterial dan anti-fungi, yang efektif dalam meredakan gejala asma, batuk kering, dan bronchitis. Kini, banyak produsen obat batuk menggunakan rempah ini sebagai bahan utamanya.

  1.  Mencegah tamiflu

Asam shikimat dalam bunga lawang sangat efektif untuk mengatasi tamiflu. Beberapa waktu yang lalu, stok rempah ini sangat menipis di pasaran dan harganya mahal. Manfaat Bunga Lawang Untuk Kecantikan

  1. Menjaga kecantikan kulit

Minyak bunga lawang mengandung anethol yang bersifat antiseptik dan antispasmodic. Bukan hanya efektif untuk menjaga kelembaban kulit, tapi bunga lawang juga membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat