Menghilangkan Hama Ulat Pada Bunga
artikel, toko bunga

Menghilangkan Hama Ulat Pada Bunga

Menghilangkan Hama Ulat Pada Bunga

Menghilangkan Hama Ulat Pada Bunga

Karangan Bunga – Menanam sebuah tanaman merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain bisa dijadikan hobi, menanam tanaman juga akan menghasilkan uang. Hama ulat serta hama lainnya tentu saja merupakan masalah utama dalam bercocok tanam tumbuhan apa saja lah itu namanya.

Maka tidak diherankan jika para petani, tukang kebun dan juga yang lainnya berusaha keras untuk menghilangkan serta mencegah hama ini datang pada tanaman yang tekah mereka tanami.

Dan hal ini membuat para petani mencoba segala jenis dari peptisida yg pernah dikeluarkan oleh produsen guna mengatasi hama tanaman. Namun sebagian besar dari peptisida kimia seperti mengapa petani dilarang menggunakan pestisida kimia berbaha.

Walau peptisida berbahan kimia ini memang ampuh tetapi peptisida berbahan dasar kimia ini memiliki resiko yang sangat tinggi pada tumbuhan yang telah dipeptisida dan menggunakan peptisida tidak sesuai dengan prosedur.

Lalu selain itu anda juga pastu bertanya bagaimana cara menghilangkan hama ulat pada bungga? Karena tentu saja itu membuat kita tergangu karen hal ini menyebakan kerugian pada para pekebun ataupun petani. Nah apa saja cara menghilangkan hama ulat pada bunga?. berikut beberapa cara menghilangkan hama ulat pada bunga:

  1. Buang ulat bulu itu

Jika anda ingin cara yang mudah serta simpel cukup dengan membuang ulat bulu secara lagsung ini merupakan cara menghilangkan hama ulat bulu pada bunga. Lebih bagusnya setelah anda ambil anda jangan membuang hama tersebut terlebih dahulu melainkan membasminya dengan berbagai cara.

Pesan penting jika anda ingin membuang hama ulat bulu secara langsung jangan melakukan kontak langsung dengan hama yang satu ini. Karena hama yang satu ini dapat menyebabkan iritasi serta gatal-gatal pada kulit jika melakukan kontak langsung dengan hama yang satu ini. Lakukanlah penceghan dengan mengunakan sarung tangan atauun media lainnya.

  1. Beri Bubuk Bacillus Thurigiensis (BT)

Bubuk ini biasanya diberikan kepada nyamuk karena umumnya ini adalah obat pembasmi nyamuk oleh karena itu banyak para pekebun serta etani yang takut menyemprotkan  bubuk ini ke ulat karena para pekebun dan petani takut bubuk ini dapat meyebabkan kerusakan pada tanaman.

Namun anda tidak perlu khawatir anda hanya perlu meberi bubuk ini pada daun yang sedang ditempati oleh ulat itu karena bubuk ini adalah bubuk yang terbuat dari bakteri gram-positif, dan bubuk ini juga dapat anda beli ditoko-toko tanaman terdekat.

  1. Pengolesan oli

Karena baunya yang menyengat serta cairan yang lengket oli menjadi hal yang ditakuti oleh ulat. Anda cukup melumaso tempat-tempat yang sering dilewati oleh ulat dengan oli sehingga lama kelamaan ulat itu akan pergi dari sana seperti cara membasmi hama ulat pada tanaman sawit.

  1. Unggas

Unggas ini merupakan hewan yang suka memakan ulat terutama seperti unggas aym bebek serta burung adalah hewan yang kerap kali kita lihat sering memakan ulat. Nah oleh karena itu dengan memelihara unggas anda dapat meminimalisir keberadaan ulat cara membasmi hama semut pada pohon mangga.

Dengan cara mebiarkan unggas ini berkeliaran di halaman rumah anda lalu unggas tersbut secara otomatis akan memusnahkan ulat-ulat yang ada di perkarangan rumah anda. Jika anda memelihara burung tentu anda tidak mungkin melepasnya akan tetapi anda dapat meletakkan sangakar burung itu di dekat tumbuhan yang dihinggapi ulat.

  1. Membungkus tanaman dengan menggunakan tisu

Wlau terbilang aneh akan tetapi cara ini merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan ulat yang ada di tanaman anda. Caranya anda cukup menyediakan tisu gulung lalu balutkan kepaa tanaman yang telah dihinggapi oleh ulat seperti tips menanam marigold.

  1. Menanami tumbuhan yang dibenci ulat

Secara umum ulat ini memang memakan daun yang terdpat pada tumbuhan akan tetapi ada juga beberap tumbuhan yang daunya dibenci oleh ulat seperti: kemangi, lavender, serta mint karena ulat tidak menyukai bau yang menyengat dari daun. Jadi anda cukup menanami Tumbuhan-tumbuhan yang dibenci oleh ulat bulu di perkarangan anda.

  1. Membakar populasi ulat bulu

Jika di perkarangan rumah anda terdapat banyak ulat anda cukup membakarnya secara rutin dengan cara pertama-tama anda harus mengumpulkan ulat di dalam satu wadah dan lalu tutup wadah itu rapat-rapat agar ulat yang ada didalmnya tidak keluar jika wadah itu sudah penuh maka bakarlah ulat itu. Dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar ulat hilang dari perkarangan anda.

  1. Memberikan peptisida alami

Separti yang sudah saya jelaskan diatas anda akan lebih aman jika menggunakan peptisida organik atau alami dan melakukannya seuai prosedur yang ada. Berikut cara membuat peptisida lrgani guna membasmi hama ulat. Dalam proses pembuatan peptisda alami ini menggunakan bahan alami seperti sayur-sayuran atupun buah-buahan.

  • Menyediakan air lebih kurang 100 ml minyak wangi, 500 gr tepung kanji, serta 20liter air.
  • Lalu campurkan bahan-bahan diatas menjadi satu
  • Dan terakhir semprotkan peptisida alami ini ke tumbuhan yang diserang oleh ulat
  • Kira-kira sekitar 15-30 menit maka ulat akn mati

Selain itu peptisida alami juga dapat anda buat melalui cara-cara berikut:

  • Campurkan sabun( apa saja boleh), dengan garam, serta minyak tanah secukupnya.
  • Lalu masukkan bahan kedalam botol spray, aduk agar tercampur rata
  • Semprotkan ke tumbihan yang diserang ulat
  1. Melepas semut rangrang

Biasanya semut rangrang ini dipelihara oleh para penyuka burung guna untuk menghasilkan pakan burung yakni kroto yang dibuat oleh semut rangrang itu sediri. Namun anda juga dapat memakai semut ini guna memusnahkan ulat. anda bisa mendapatkan semut ini di toko pakan burung.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *