toko bunga jogja
artikel, Artikel Bunga

Mengenal Tanaman Kuping Gajah

toko bunga jogjaMENGENAL TANAMAN KUPING GAJAH

Toko Bunga Jogja – Apa yang terlintas pada pikiran Anda ketika mendengar istilah tanaman kuping gajah? Pasti lebar, panjang, mirip dengan kuping atau telinga gajah bukan? Benar sekali, memang tanaman kuping gajah ini memiliki daun yang lebar seperti telinga gajah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Tanaman Kuping Gajah

Sebenarnya, tanaman anthurium atau kuping gajah memiliki dua jenis, yaitu anthurium daun dan bunga. Nah, tanaman kuping gajah sendiri termasuk dalam anthurium daun. Mengapa jenis tanaman ini disebut tanaman kuping gajah? Bagaimana cara merawatnya? Yuk, kita kepoin bersama!

Kuping Gajah yang Berbentuk Hati

Kuping Gajah yang Berbentuk Hatishutterstock.com

Daun Anthurium crystallinum berukuran besar dan berbentuk hati. Inilah yang membuatnya disebut sebagai tanaman kuping gajah. Daunnya ditopang oleh tangkai kecil yang tegak berdiri ke atas. Warna hijau pekatnya ditemani tulang daun berwarna putih kehijauan.

Tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini memiliki jumlah daun yang banyak alias lebat. Jika sudah bertumbuh besar, tanaman kuping gajah bisa mencapai ukuran panjang 20-40 cm dan lebar 15-38 cm. Hebatnya, tanaman ini bisa kamu rawat di dalam dan luar ruangan. Hmm… menarik, ya?

Lalu, bagaimana cara merawat tanaman kuping gajah agar bertumbuh sehat dan berumur panjang? Yuk, kita simak tips merawat tanaman kuping gajah di bawah ini!

Pilih Pot yang Sesuai

Pilih Pot yang Sesuaishutterstock.com

Dalam memilih pot untuk tanaman kuping gajah, kamu harus memerhatikan tiga hal, yaitu desain, luas, dan bahan dasar pot. Pilih pot yang memiliki desain apik agar bisa kamu gunakan sebagai dekorasi ruangan atau dipajang di teras rumah. Luas pot pun tidak boleh terlalu sempit demi pertumbuhan akar dan tunas yang lebih leluasa.

Pastikan bahan pot juga mampu menjaga kelembapan tanah dalam suhu normal dan lama, seperti pot plastik dan tanah liat. Jangan lupa untuk memastikan ada lubang drainase di bawah pot, ya!

Gunakan Media Tanah yang Bernutrisi dan Higienis

Gunakan Media Tanah yang Bernutrisi dan Higienisshutterstock.com

Tanah merupakan media tanaman kuping gajah untuk bertumbuh. Sebelum menanamnya, pastikan bahwa media tanah sudah steril dari organisme penyebab penyakit, seperti jamur dan bakteri. Kamu bisa menjemur media tanah di bawah terik matahari, menyiramnya dengan air panas, dikukus, atau menggunakan obat-obatan demi mengusir organisme tersebut.

Ada beberapa komposisi media tanah yang bisa kamu coba. Campurkan satu bagian kompos atau humus, satu bagian pasir, dan satu bagian tanah kebun. Di atasnya, tambahkan serbuk kulit kayu halus. Komposisi lainnya adalah campuran cacahan pakis, pupuk kandang, humus, dan arang sekam.

Siram Secara Rutin

Siram Secara Rutinshutterstock.com

Tanaman kuping gajah membutuhkan air untuk menjaga kelembapan media tanah. Yang perlu diingat adalah kamu nggak boleh menyiramnya secara berlebihan. Jika hal tersebut terjadi, air akan menggenang dan menjadi sarana jamur dan bakteri berkemban gbiak. Selain itu, ia akan cepat mati.

Dalam sehari, kamu cukup sekali saja menyiramnya pada pagi hari sebelum pk10.00 atau sore hari setelah 17.00. Hal ini dilakukan untuk menghindari penguapan. Siram tanaman kuping gajah menggunakan semprotan air pada media tanam dan secara halus pada daun.

Jangan Taruh Tanaman Kuping Gajah di Bawah Terik Matahari Langsung

Jangan Taruh Tanaman Kuping Gajah di Bawah Terik Matahari Langsunggoogle.com

Seperti kebanyakan tanaman, tanaman kuping gajah pun membutuhkan sinar matahari. Bedanya, ia nggak bisa ditaruh di bawah sinar matahari langsung karena bisa terbakar. Maka dari itu, letakkan tanaman kuping gajah pada lokasi yang mendapatkan sinar matahari tidak langsung, seperti dekat jendela atau teras dengan kanopi.

Pastikan Area Tanaman Kuping Gajah Tetap Lembap

Pastikan Area Tanaman Kuping Gajah Tetap Lembapgoogle.com

Tanaman kuping gajah harus berada dalam ruangan yang memiliki kelembapan normal. Disarankan, jangan menaruh tanaman ini dalam ruangan yang memiliki air conditioner atau kipas angin karena membuat udara jadi kering. Justru, letakkan tanaman kuping gajah dalam ruangan yang memiliki ventilasi atau jendela sehingga udara luar bisa masuk ke ruangan.

Beri Nutrisi Melalui Pemupukkan

Beri Nutrisi Melalui Pemupukkanshutterstock.com

Tak hanya air, tanaman kuping gajah juga membutuhkan nutrisi melalui pupuk. Gunakan pupuk NPK dengan komposisi zat N yang lebih banyak. Caranya, semprotkan pupuk atau tabur di atas media tanam. Kamu juga bisa menggunakan pupuk kandang atau humus yang benar-benar steril agar tanaman kuping gajah nggak terserang penyakit. Lakukan cara ini dua minggu sekali.

Bersihkan Daun Tanaman Kuping Gajah dari Debu

Bersihkan Daun Tanaman Kuping Gajah dari Debugoogle.com

Karena memiliki daun yang sangat besar, potensi hinggapnya kotoran dan debu lebih besar. Maka dari itu, kamu harus rutin membersihkan permukaan daun. Semprot daun dengan lembut dan lap menggunakan kain steril.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *