artikel

Mengenal Jenis Penyakit Pada Tanaman Hias

MENGENAL JENIS PENYAKIT TANAMAN HIAS

Penyakit Tanaman Hias – Tidak hanya manusia dan hewan saja yang bisa terserang penyakit. Tanaman hias pun bisa terserang penyakit. Namun bedanya penyakit tanaman bukan demam loh ya hehhe. Apa saja penyakit yang bisa menyerang pada tanaman? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Penyakit Pada Tanaman Hias

1. Penyakit Karat Putih
Biasanya ditandai oleh gejala karat (rust) berwarna putih kotor pada bagian bawah permukaan daun. apabila tanaman hias sudah terserang penyakit ini biasanya ditandai dengan daun menjadi menggulung, mengerut dan mengering. penyakit karat biasanya cepat berkembang di kondisi udara yang lembab dan dingin. penyebarannya pada tanaman lain biasanya dilakukan oleh angin, air dan getaran selama pemeliharaan.

2. Rhizoctonia
Penyebaran penyakit ini melalui air irigasi, bahan tanaman  maupun benih yang terinfeksi akibat jamur-jamur yang sulit dikendalikan karena mampu bertahan sebagai saprofit di dalam tanah maupun pada sisa tanaman. tanaman hias yang terinfeksi penyakit Rhizoctonia ini biasanya terdapat tanda warna merah kecoklatan, dengan gejala awal infeksi ini tanaman menjadi layu di siang hari dan segar di malam hari.

3. Botrystis
Jamur Botrystis sp adalah penyebab timbulnya penyakit pada tanaman hias. penyakit ini mudah menyerang pada kondisi lingkungan lembab dan panas. gejala yang terlihat adalah terdapat bercak kehitam-hitaman pada daun atau bunga yang berakibat pada pembusukan.

4. Phytium (Busuk Akar)
penyakit ini disebabkan oleh jamur yang mengakibatkan busuk akar. busuk akar terjadi karena  media tanam yang terlalu banyak tergenang oleh air dalam waktu yang terlalu lama sehingga menyebabkan akar menjadi busuk,daun menjadi pucat,layu lalu busuk.

5. Nematoda (Bengkak Akar)
Penyakit yang disebabkan Meloidogyne spp ini sering ditemui oleh bunga krisan. biasanya tanaman yang terkena penyakit bengkak akar  akan timbul bintil-bintil, lalu menjadi layu dan daunnya menguning

6. Antraknosa Pada Pakis
Gejala yang nampak dari serangan penyakit akibat cendawan ini adalah pada daun timbul bercak coklat berwarna kuning atau hijau muda.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

One thought on “Mengenal Jenis Penyakit Pada Tanaman Hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *