Mengapa Bunga Sepatu
Karangan bunga, Pusat Bunga, toko bunga, Toko bunga online, Uncategorized

Mengapa Bunga Sepatu

Bunga sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Di daerah tropis dan subtropis, bunga ini banyak ditanam sebagai tanaman hias. Di berbagai daerah, tanaman yang memiliki nama ilmiah Hibiscus rosa-sinensis L. ini dikenal dengan banyak sebutan. Di Kepulauan Nias, bunga ini dikenal dengan nama soma-soma, di Aceh dikenal dengan nama bungong raya, orang Malaysia memanggilnya dengan sebutan bunga raya, di Jepang dikenal dengan nama gushonu hana, dan di Sumatera Utara dikenal dengan nama bunga-bunga. Orang Sunda mengenal bunga ini dengan nama kembang wera, sedangkan orang Jawa memanggilnya kembang wora-wari dan orang Bali mengenalnya dengan nama waribang.

Di daerah tropis seperti di Indonesia, tanaman ini berbunga sepanjang tahun, sedangkan pada daerah sub-tropis tanaman ini hanya berbunga dari musim panas (summer) hingga musim gugur. Pada daerah sub-tropis sebetulnya tanaman ini dapat  berbunga sepanjang tahun asalkan ditanam di rumah kaca (green house).

Asal-usul Bunga Sepatu

Asal-usul Bunga Sepatu

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa bunga sepatu adalah tanaman yang berasal dari daerah tropis. Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini, berasal dari Asia Timur yakni daerah sekitar Semenanjung Malaya (Malaysia). Oleh Pemerintah Kerajaan Malaysia bunga ini pada tahun 1958 dijadikan sebagai salah satu nominasi bunga nasional selain juga bunga mawar, melati, bunga medlar, dan bunga magnolia. Dan pada 28 Juli 1960, bunga sepatu kemudian memenangkan nominasi sehingga dinyatakan sebagai bunga nasional oleh Pemerintah Kerajaan Malaysia. Sebagai wujud pengakuan menjadi bunga nasional, bunga bernama latin Hibiscus rosa-sinensis L ini dapat kita temui pada pecahan Ringgit Malaysia.

Klasifikasi Bunga Sepatu dan Nama Ilmiah

Bunga sepatu diklasifikasikan dengan oleh Carolus Linaeus dengan sistem penamaannya sebagai berikut:
Kerajaan    : Plantae
Divisi        : Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Ordo        : Malvales
Famili        : Malvaceae
Genus        : Hibiscus
Spesies    : Hibiscus rosa-sinensis

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *