Artikel Bunga

Mari Menanam Bunga Krisan

MARI MENANAM BUNGA KRISAN

Mari Menanam Bunga Krisan – Di beberapa artikel sebelumnya sudah kita bahas bagaimana cara menanam berbagai macam bunga. Bunga apa lagi yang belum kita bahas? hehehe. Yap pada kesempatan kali ini mari kita babhas cara menanam bunga krisan, ada yang tahu apa itu bunga krisan?

Cara Menanam Krisan Dalam Pot

Nah, berikut kami uraikan cara mudah menanam dan merawat bunga krisan dalam pot:

Yang perlu disiapkan:

  1. Pot berukuran sedang
  2. Media tanam, yaitu tanah dicampur dengan sabut atau serbuk kelapa, gambut, arang sekam dengan perbandingan 4:4:1 (opsional, bisa menggunakan media tanam selain yang disebutkan)
  3. Benih / bibit tanaman krisan

1. Memilih dan Menentukan Jenis Krisan

Untuk krisan yang ingin ditanam dalam pot maka pilihlah jenis krisan yang sering ditanam di rumah menggunakan pot. Bedanya dengan krisan potong adalah batang tanaman krisan potong lebih panjang dan lemah sehingga tidak bertahan lama meskipun warna dan bentuk bunganya sangat beragam. Adapun jenis krisan yang cocok ditanam dalam pot di antaranya:

  • Krisan Pompon: Krisan yang memiliki bunga berbentuk bola-bola kecil seperti pompom
  • Krisan Anemone: Krisan yang mirip dengan bunga aster, memiliki bunga dengan helai mahkota sebanyak satu atau dua baris saja di sekeliling pusatnya
  • Krisan Daisy: Krisan yang mirip bunga daisy, memiliki helai mahkota sebaris
  • Krisan Spider: Salah satu jenis krisan yang populer ditanam dalam pot, helai mahkotanya panjang dan padat

2. Tahap Menanam Krisan

Pilihlah biji krisan yang berkualitas, Anda bisa menemukan banyak jenis bunga krisan di toko online khusus benih bibit tanaman. Dalam satu pot, idealnya menanam benih sebanyak 5-6 biji saja agar tidak terjadi persaingan pertumbuhan dalam satu tempat.

Cara menanam benih bisa dengan meletakkannya pada bagian tengah kemudian benih-benih yang lain diletakkan di sekeliling dengan pola tertentu agar tanaman yang dihasilkan terlihat lebih menarik. Pilihlah lokasi yang hangat dan sehat sebagai tempat meletakkan pot.

Perawatan Tanaman Bunga Krisan

Tanaman krisan yang dirawat dengan baik akan menghasilkaan bunga krisan yang rajin berbunga dan tumbuh dengan sehat. Metode dan tekhnik perawatan tanaman krisan hampir sama dengan meotde perawatan bunga hias pada umumnya.

3. Penyiraman Tanaman Krisan

Penyiraman Tanaman krisan dalam pot sebaiknya dilakukan saat pagi hari. Siramlah pada bagian akar dan batangnya saja, usahakan menghindari bagian daun. Anda bisa menyiramnya dengan cara manual atau menggunakan alat seperti sprayer / gembor.

4. Pemberian Pupuk Tanaman Krisan

Pemberian pupuk pada tanaman krisan perlu dilakukan agar tanaman cepat berbunga dan berdaun lebat.

Pemberian pupuk pada tanaman bunga krisan juga sangat diperlukan. Gunakan jenis pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik agar tanaman dan media tanam Anda tidak tercemari bahan kimia.

5. Penyinaran Tanaman Krisan

Untuk kebutuhan cahaya, tanaman krisan menyukai paparan sinar penuh dengan durasi sekitar 6-8 jam setiap harinya.

6. Tekhnik Pinching

Salah satu tekhnik yang banyak digunakan oleh pecinta tanaman hias adalah pinching. Pinching adalah pemotongan atau pembuangan pucuk yang biasanya tumbuh pada tanaman saat awal penanaman.

Cara melakukan piching pada tanaman krisan:

  1. Gunakan gunting tanaman untuk memotong bagian tanaman secara hati-hati, usahakan tidak melukai daun tanaman
  2. Bisa juga memetik setengah kuncup yang mulai tumbuh. Petiklah bagian yang berisi kuncup bunga atau tangkai yang berdaun
  3. Lakukan pinching sebanyak sekali dalam seminggu.

7. Tekhnik Disbudding

Selain tekhnik pinching, ada pula tekhnik disbudding. Tekhnik ini merupakan salah satu cara merawat bunga krisan dengan cara menyingkirkan bagian bunga yang tidak diiginkan untuk memperoleh bentuk yang sempurna sesuai keinginan.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *