Manfaat Duri Pada Kaktus

toko bunga jogja

MANFAAT DURI PADA KAKTUS

Toko Bunga Jogja – Apa yang Anda ketahui tentang tanaman kaktus? Benar sekali, tanaman kaktus identik dengan duri. Nah membahas soal tanaman kaktus, apa sih manfaat dari duri pada kaktus? Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas tentang manfaat duri pada tanaman kaktus.

Duri kaktus sebenarnya daun

Pada daerah yang cukup banyak memiliki air seperti di daerah tropis dan subtropis, umumnya tumbuhan yang hidup di sana memiliki daun-daun lebar dan batang-batang keras yang kokoh.

Batang-batang keras dan kokoh ini menjadi semacam pipa penyalur air dan bahan makanan menuju daun, sementara daun lebar sangat berguna untuk mengambil cahaya matahari dan karbondioksida sebanyak-banyaknya. Tak hanya itu, daun lebar juga memungkinkan kelebihan air dibuang melalui penguapan.

Sementara itu, di tempat-tempat yang gersang seperti di daerah gurun, tumbuhan tentu harus berjuang untuk bisa memenuhi kebutuhan airnya. Sebab, di daerah ini hujan jarang terjadi dan panas yang tinggi cenderung menguapkan air lebih cepat dari tempat-tempat lain.

Namun alhamdulillah, Allah merancang tumbuhan kaktus memiliki struktur tubuh yang sangat unik yang mampu membuatnya bertahan hidup di daerah yang sangat panas dan kering. Keunikan itu bisa dilihat dari akar, batang dan daun kaktus yang memiliki struktur berbeda dari tumbuhan lainnya.

Akar kaktus umumnya mampu tumbuh sanat dalam dan mampu mejalar di dalam tanah ke kiri dan kanan areal yang begitu luas. Dengan akar macam ini, kaktus mampu mencari air yang mungkin tersembunyi di dalam tanah dan bebatuan.

Batang kaktus juga tidak keras seperti pohon-pohon yang kita lihat karena batang ini juga berfungsi sebagai kantung penyimpanan air. Karena sedikitnya air yang bisa didapat di wilayah gurun, maka segala persediaan air yang mampu diserap akar segera disimpan di dalam batang kaktus, yang bila diteliti secara seksama memiliki lapisan laksana spons di dalamnya.

Kadang batang ini berbentuk bulat, kadang tinggi memanjang, dan kadang melebar sehingga orang menduga itu adalah daun-daun kaktus yang gemuk saja. Tetapi semua memiliki fungsi yang sama, menyimpan cadangan air untuk menghadapi hari-hari sangat kering yang tidak memberi cukup air untuk kebutuhan hidup mereka.

Terakhir, daun pada hampir semua bagian besar kaktus tidak berbentuk lebar melambai melainkan kecil, runcing, dan tajam laksana duri. Kadang daun duri ini terlihat cukup panjang dan keras, tetapi ada pula yang hanya nampak laksana duri-duri yang pendek dan halus saja.

Dengan memiliki daun berbentuk duri, kaktus berhasil meminimalkan terbuangnya air lewat proses penguapan air, karena semakin lebar daun, tentu semakin besar daerah penguapan air terbentuk.

Begitu pula, dengan pola daun berduri yang umumnya tumbuh di hampir keseluruhan batangnya, kaktus bisa menghalangi terpaan sinar matahari yang membakar dan mendinginkan sedikit suhu tubuh mereka.

Dengan semua keunikan ini, maka kaktus pun mampu tumbuh dan bertahan hidup di tengah alam yang begitu kering, gersang dan panas. Bahkan, kalau kamu perhatikan, pada musim-musim tertentu, beberapa kaktus mampu mempercantik wilayah gurun dengan bunga-bunga indah beraneka warna. Merah, kuning atau putih.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami TOKO BUNGA JOGJA. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat