artikel

Manfaat Bunga Mawar

Manfaat Bunga Mawar

Manfaat Bunga Mawar – Bunga mawar adalah bunga yang menjadi favorit semua orang. Bunga yang cantik ini memiliki karakteristik yang penyayang, dan sering sekali digunakan sebagai bunga simbol cinta dan kasih sayang. Selain itu, bunga mawar memiliki beberapa manfaat.

1. Sebagai Bahan Pembuat Masker Alami

Memanjakan wajah memakaimasker tidak mestimahal. Dengan memanfaatkan berbagai bahan alami, seperti air bunga mawar, Anda dapat memiliki kulit wajah yang cantik. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan pada zat bunga mawar yang cukup lengkap.

2. Khasiat mawar sebagai obat pelancar Haid

Selain bunganya, ternyata akar tanaman mawar juga dapat dimanfaatkan. Akar tanaman mawar dapat dipakai untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan keputihan.

3. Sebagai media perawatan kulit

Air mawar banayk digunakan untuk perawatan kulit karena aman dan lembut bagi semua jenis kulit. Air mawar dapat bekerja dengan baik pada kulit kering maupun kulit berminyak. Air mawar memiliki kandungan astringen yang dapat mengurangi bintik kemerahan pada wajah akibat pembesaran kapiler darah.

4. Khasiat mawar sebagai penawar racun

Daun dan kelopak bunga mawar dapat bermanfaatuntuk mendinginkan tubuh, sehingga mampumenurunkan demam, serta menghilangkan racun dari dalam tubuh.

5. Sebagai bahan Cair pembersih kulit

Bunga mawar dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama sebagai penyegar kulit serta  bermanfaatsebagai pembersih bercak bekas jerawat, bisul, pencegah keriput, ataupun abses.

6. Manfaat mawar sebagai penjaga kesehatan

Mawar merah bermanfaatsebagai antiradang, aprodisiak, penyegar, penambah sekresi empedu, tonikum, pengatur haid, ekspektoran, penghilang bengkak, serta pembersih racun. Sebab itu, mawar bisa menjagakesehatan.

7. Khasiat mawar sebagai Aromaterapi

Keharuman bunga mawar dapat digunakan sebagai bau terapi yang bersifat menenangkan dan meningkatkan mood. Bila Anda merasa sedang tidak enak badan, bau terapi bunga mawar dapat jadi solusi penenang.

8. Manfaat mawar sebagai bahan parfum

Mawar bisa dimanfaatkan jadi bahan baku parfum dan obat. Hampir semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan untuk kebutuhan bahan baku parfum maupun obat. Tanaman ini mengandung zat antibiotik atau senyawa kimia yang penting dan dibutuhkan, seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalool, nerol, eugenol, fenil etil alcohol, farnesol, serta nonilaldehid.

9. Sebagai Bahan Utama dalam pembuatan Minyak Atsiri

Minyak atsiri bisa dihasilkan dari mawar sebab mawar mengandung geraniol dan limonene. Minyak ituberguna sebagai antiseptic, penghilang keputihan, dan penambah daya tahan tubuh.

10. Bahan makanan

Mawar dapat digunakan sebagai bahan makanan, minuman ataupun zat aditif bagi makanan olahan karena memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah dari buah jeruk. Sedangkan, kelopak atau helai dari bunag mawar bisa diolah jadi sirup.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *