artikel, Artikel Bunga

Manfaat Bunga Lavender

Manfaat Bunga Lavender

Manfaat Bunga Lavender – Bunga lavender salah satu bunga yang banyak digemari orang.  Mempunyai warna yang cantik dan memiliki banyak manfaat. Bunga cantik berwarna ungu ini mempunyai nama latin bernama Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) atau yang lebih kita kenal dengan bunga Lavender. Tanaman bunga ini sangat bagus tumbuh di ketinggian 600 – 1.350 dpl karena semakin tinggi tempat ia tumbuh semakin baik kualitas minyak yang dihasilkan. Seperti yang telah kita ketahui bawha lavender ini biasa digunakan untuk campuran lotion anti-nyamuk. Namun tidak hanya menjadi bunga yang tidak disukai oleh nyamuk namun ternyata bunga ini memiliki banyak manfaat lainnya yang mungkin saja belum anda ketahui sebelumnya.

Lavender memiliki banyak manfaat karena bunga ini memiliki komposisi utamanya yaitu linalool asetat yang mempunyai khasiat untuk mengendorkan dan melemaskan otot-otot dan sistem kerja urat-urat syaraf yang tegang. Apabila anda ingin menanamnya sendiri di halaman rumah anda sebenarnya proses untuk menanam bunga ini cukup mudah. Anda hanya tinggal menyebar saja biji bunga lavender yang sudah tua maka ia pun akan segera tumbuh atau anda yang ingin membelinya langsung bisa saja membelinya di pedagang bunga pinggir-pinggir jalan.

1. Digunakan Sebagai Parfum

selective focus photo of bottle with cork lid

Di kota Paris bibit dari bunga lavender diolah menjadi parfum dan dipakai oleh masyarakat setempat.

2. Digunakan Sebagai Obat

alternative background color cooking

Bunga lavender juga bisa diolah menjadi teh yang berkhasiat sebagai obat dari gangguan pencernaan seperti sakit perut, infeksi usus, dan perut kembung.

3. Digunakan Untuk Ritual Keagamaan

shallow focus photography of multicolored floral decor

Bunga lavender juga dipercaya sebagai  mediator langsung kepada Sang Maha Pencipta di dalam acara keagamaan. Sebagian orang percaya bahwa bunga ini bisa menyampaikan pesan langsung kepada Sang Pencipta.

4. Digunakan Untuk Mengatasi Insomnia

woman wearing brown sequin dress laying on the bed

Dalam bukti ilmiah bahwa aromaterapi lavender bisa memperlambat aktivitas sistem saraf, meningkatkan kualitas tidur, dan mengatasi gangguan tidur. Sehingga bagi anda yang susah untuk tidur bisa memakai minyak atsiri lavender yang bisa meningkatkan kualitas tidur, mood lebih labil, konsentrasi lebih baik sampai bisa menguranggi rasa kecemasan.

5. Digunakan Untuk Melawan Ketombe

woman wearing white long sleeved shirt

Anda yang memiliki masalah rambut yang berketombe mungkin bisa menggunakan minyak lavender. Minyak lavender ini dipercaya selain bisa untuk mengatasi ketombe ternyata bisa untuk melembabkan rambut yang kering dan pecah-pecah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *