Khasiat Kembang Sepatu Bagi Tubuh

Khasiat Kembang Sepatu Bagi TubuhKHASIAT KEMBANG SEPATU BAGI TUBUH

Khasiat Kembang Sepatu – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa saja bagian-bagian dari kembang sepatu. Perlu Anda ketahui juga kembang sepatu ini memiliki beberapa khasiat bagi tubuh kita.

Fungsi Kembang Sepatu Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati diabetes

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Biochemical and Biophysical Research Communications menunjukkan bahwa senyawa kimia yang terdapat dalam kembang sepatu dapat mengembalikan sensitivitas insulin dan mengendalikan diabetes.

Asam ferulic merupakan salah satu polifenol yang terdapat dalam kembang sepatu yang berperan dalam mengobati diabetes tersebut.

2. Mencegah infeksi saluran kemih

Studi yang diterbitkan dalam the Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicinemenemukan manfaat kembang sepatu bagi infeksi saluran kemih. Sifat antijamur dan antimikroba yang terdapat dalam kembang sepatu membuatnya efektif melawan candica albicans, bakteri berbahaya yang hinggap dalam saluran kemih.

Selain itu, flavonoid yang terdapat dalam kembang sepatu (terutama dalam bentuk teh) membantu mencegah pertumbuhan bakteri E.Coli.

3. Mengatasi rambut rontok

Kelopak kembang sepatu yang merekah indah ternyata telah digunakan sejak lama untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok. Mengaplikasikan kembang sepatu (terutama dalam bentuk minyak) membantu memperkuat akar rambut. Ini karena kandungan vitamin C dan kalsium yang ada di dalamnya.

4. Mengatasi uban dini

Penelitian yang diterbitkan dalam the Asian journal of experimental biological sciences mengatakan bahwa kembang sepatu sukup efektif untuk menunda rambut beruban.

Untuk mendapatkan khasiatnya, cobalah untuk merebus kembang sepatu selama 20 menit dan biarkan dingin. Buatlah kembang sepatu rebus tersebut menjadi pasta dan oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

5. Mengeluarkan racun

Kelopak kembang sepatu kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun. Saat ini banyak dijual teh yang terbuat dari kelopak kembang sepatu dan kamu dapat mengonsumsinya.

Selain itu kandungan antioksidan yang ada di dalam kembang sepatu juga bermanfaat untuk melawan kanker dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Kesehatan kulit

Kelopak kembang sepatu juga dapat bermanfaat untuk membersihkan kulit. Caranya adalah gosokkan kelopak kembang sepatu di wajah dan leher.

Minyak kembang sepatu bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit halus. Kembang sepatu juga mempunyai sifat anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan jerawat dan menghindarkan dari penuaan dini.

7. Menurunkan berat badan

Seperti penjelasan di atas, kembang sepatu memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun, lemak, dan kalori yang terakumulasi di dalam tubuh. Sehingga hal ini pun dapat mengurangi berat badan.

8. Memperbaiki suasana hati

Selama menstruasi, wanita mengalami perubahan hormon yang kadang membuat suasana hati mereka menjadi tidak menentu. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengonsumsi teh kembang sepatu yang mampu membuat perasaan menjadi lebih tenang.

9. Penambah energi

Teh kembang sepatu ternyata juga dapat meningkatkan energi kamu. Hal ini penting untuk mengembalikan energi yang hilang dan membebaskan kamu dari stres dan ketegangan yang ada di dalam tubuh.

10. Pereda demam

Saat kamu demam dan pilek, tidak ada salahnya apabila kamu mengonsumsi teh kembang sepatu. Kembang sepatu kaya akan vitamin C yang membantu untuk melawan virus penyebab pilek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat