artikel, Artikel Bunga

Kelebihan dari Bunga Moss Rose

KELEBIHAN DARI BUNGA MOSS ROSE

Bunga Moss Rose – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas bagaimana cara menanam bunga moss rose. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa saja manfaat atau kelebihan dari bunga moss rose. Penasaran apa saja? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi Kembang Tabuh Delapan

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Portulacaceae
Genus: Portulaca
Spesies: Portulaca grandiflora Hook


Nama Daerah Portulaka

Indonesia : Sutera Bombay, Portulaka, Kembang Tabuh Delapan, bunga pegawai tinggi, apulaka, cantik manis


Anatomi dan Morfologi Portulaka

 
Tanaman portulaka merupakan tanaman terma semusim yang berbatang basah. Tanaman portulaka ini tumbuh merayap atau terlentang di tanah namun juga kandang tumbuh ke atas dengan ukuran panjang tanaman 15-30 cm. Tanaman portulaka ini bercabang dari pangkal batangnya. Pada ruas batangnya berstruktur rambut halus. Batang tanaman portulaka berwarna merah atau hijau. Tanaman portulaka berdaun tunggal dengan letak yang tersebar, daunnya tidak bertangkai, di ujung batang daunnya berjejer rapat, kebagian pangkal batang bawah lebih jarang. Helaian daun tanaman portulaka ini tebal berdaging dan berair. Bentuk daun tanaman portulaka lancip seperti jarum bulat silindris dengan panjang 1- 3,5 cm berwana hijau. Bunga tanaman portulaka berkelompok 2- 8 di ujung batang. Bunga tanaman portulaka mekar pada jam 8 pagi kemudian layu menjelang sore dengan warna merah. Buah tanaman portulaka berbentuk bulat telur dengan permukaan berambut dengan ukuran 5-8 mm.  Biji tanaman portulaka berbentuk bulat dan jumlahnya yang banyak dengan ukuran biji yang kecil berwarna coklat muda.  Tanaman portulak berkembang biak dengan cara stek batang dan biji. Tanaman portulaka habitatnya pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.400 m dpl. Tanaman portulaka hidup pada daerah sinar matahari yang penuh dengan intensitas hujan yang sedang.

Kandungan Portulaka
 
Tanaman portulaka mengandung  zat portulal. Batang dan bunga portulaka mengandung betacyanin, beranin, dan betanidin.

Manfaat dan Khasiat Kembang Tabuh Delapan Untuk Kesehatan
  • Tanaman portulaka berkhasiat untuk mengobati penyakit radang hati (hepatitis).
  • Tanaman portulaka digunakan sebagai obat penyakit sakit tenggorokan, sakit kepala.
  • Tanaman portulaka sebagai obat penghilang nyeri (analgesik).
  • Tanaman portulaka untuk obat penyakit bengkak akibat terbentur (memar).

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *