Kelebihan dan Kekurangan Pot Tanaman

Kelebihan dan Kekurangan Pot TanamanKELEBIHAN DAN KEKURANGAN POT TANAMAN

Pot Tanaman – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai pot tanaman. Dimana selain kita dapat menanam tanaman langsung pada tanah, kita dapat menggunakan perantara pot tanaman. Pot tanaman ini terdiri dari beberapa macamnya, yang akan kami bahas beserta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis pot tanaman

Dari banyaknya jenis pot tanaman, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelas tentang jenis pot tanaman, berikut beberapa jenis pot tanaman yang memiliki fungsinya masing-masing.

1. Pot bahan porselen

pot tanaman
Gambar: Jenis pot tanaman berbahan porselen. (Foto: Pexels)

Pot dengan bahan porselen biasanya digunakan untuk tanaman yang ditaruh di dalam rumah, karena bentuknya memiliki kesan yang mewah dengan ukiran-ukiran gambar unik, yang membuat harga pot tanaman ini mahal.

Kekurangan dari pot ini adalah mudah pecah, ditambah perawatannya yang lebih sulit. Tidak semua jenis tanaman hias cocok untuk pot ini. Biasanya, pot ini hanya cocok untuk tanaman yang mahal atau bunga-bunga eksklusif.

Pot berbahan porcelain terbaik

2. Pot bahan tanah liat

pot tanaman
Gambar: Jenis pot tanaman berbahan tanah liat. (Foto: Pexels)

Pot tanaman jenis tanah liat paling banyak dicari dan digunakan oleh orang yang senang berkebun. Harga pot tanaman ini sangat variatif dengan banyak kegunaan. Pot tanaman ini memiliki keunggulan dapat membuat air tetap merembes, sehingga tidak perlu diberi lapisan apapun. Sirkulasi udaranya juga sangat bagus, sehingga tidak membuat tanaman cepat busuk. Dengan begitu, suhu panas ataupun dingin, suhu di dalam media tanah akan tetap stabil.

Kekurangan dari pot tanaman ini mudah pecah dan retak. Jika akar sudah semakin membesar akan membuat pot ini mudah rusak.

Pot tanaman bahan tanah liat kuat dan awet

3. Pot bahan plastik

pot tanaman
Gambar: Jenis pot tanaman berbahan plastik. (Foto: Pexels)

Kelebihan dari pot tanaman berbahan plastik adalah pilihan warna yang sangat beragam. Selain itu harga pot tanaman ini sangat murah disbanding jenis pot tanaman lainnya. Pot jenis ini juga lebih ringan, tidak mudah rusak dan pecah, sehingga lebih awet digunakan dalam waktu yang lama.

Kekurangan dari pot tanaman plastik ini tidak memiliki pori-pori, sehingga membuat suhu di dalam pot cepat naik ketika panas terik. Sehingga membuat tanaman lebih cepat layu dan membusuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat