artikel

Fakta Unik Merangkai Bunga Bagi Tubuh

FAKTA UNIK MERANGKAI BUNGA BAGI TUBUH

Fakta Unik Merangkai Bunga Bagi Tubuh – Tahukah Anda merangkai bunga tidak hanya soal merangkai bunga loh ! Merangkai bunga ini memiliki beberapa fakta unik bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah mencerdasakan otak, menarik bukan? Yuk kenali fakta unik merangkai bunga bagi tubuh.

Fakta Unik Merangkai Bunga Bagi Tubuh

1. Manfaat bagi kecerdasan otak

Menurut Diane Relf, Professor bidang hortikultura, kegiatan merangkai bunga dapat memberikan manfaat terhadap kondisi intelektual manusia, adapun manfaatnya sebagai berikut :

  • Mendapatkan kemampuan baru, meningkatkan kemampuan mengingat
  • Meningkatkan kemampuan observasi
  • Menstimulasi beberapa indra, seperti penglihatan, sentuhan, perasa, penciuman
  • Menambah pengetahuan baru, seperti munculnya istilah-istilah baru

2. Mengoptimalkan kondisi fisik tubuh

Merangkai bunga juga dapat memberikan manfaat bagi kondisi fisik tubuh, seperti mengembangkan dan menambah kemampuan dasar dari gerakan motorik. Beberapa gerakan khusus dalam merangkai bunga dapat meningkatkan koordinasi otot dan melatih otot yang biasanya jarang digerakkan

3. Mengurangi stress

Dengan merangkai bunga, kita dapat mengurangi stress yang kita alami karena dalam proses tersebut kita akan berlatih cara  berfikiir kreatif yang akan menumbuhkan kesenangan, seperti pemilihan warna dan jenis bunga yang sesuai apabila bunga-bunga tersebut dipadukan. Warna-warna khas maupun aroma yang dimiliki bunga-bunga dapat menumbuhkan kebahagiaan dan merilekskan pikiran.

4. Manfaat bagi kehidupan sosial

Melalui kegiatan ini kita dapat mempererat hubungan dengan kerabat, menambah jaringan dengan orang luar (misal : kelompok perangkai bunga ataupun kegiatan pameran bunga), meningkatkan interaksi dengan orang lain melalui kegiatan sharing ilmu dengan sesama kerabat yang memliki hobby merangkai bunga, dan menambah pengalaman karena pengalaman dapat menumbuhkan  social growth.

5. Sebagai wadah untuk menyalurkan hobi

Popularitas merangkai bunga meningkat sebagai wadah penyaluran hobi. Hobi merangkai bunga ini tidak mengenal background maupun umur seseorang. Bahkan kegiatan merangkai bunga ini dapat menumbuhkan ketertarikan melebihi sebuah hobi. Seperti Mayumi Hashiyama yang telah menghabiskan waktu lebih dari 15 tahun Columbus State University untuk melanjutkan pendidikan instruktur desain bunga.

6. Kegiatan menghasilkan uang

Apabila kita memiliki kemampuan merangkai bunga dan mengembangkannya, maka usaha ini dapat dijadikan ladang untuk memperoleh penghasilan. Semua orang memang bisa merangkai bunga, tetapi ada juga orang-orang yang memang memiliki bakat pada bidang ini dan tentu saja hasil dari rangkaian orang yang berbakat maupun terlatih berbeda dari orang yang merangkai untuk mengisi waktu luang. Maka kegiatan ini dapat dijadikan peluang pasar.

7.  Sebagai alat pelatihan kognitif bagi penderita schizophrenia

Schizophrenia adalah kelainan mental yang sering dikaitkan dengan perilaku sosial yang abnormal, kelainan ingatan dan kegagalan dalam mempercayai sesuatu yang nyata. Faktor penyebabnya adalah bawaan genetik dan lingkungan. Beberapa gangguan yang dialami seperti kekurangan motivasi diri, ketidakpercayaan, kebingungan, dan halusinasi.

Penelitian Terkait :

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh  Hiroko Mochizuki-Kawai dari  National Institute of Floricultural Science in Japan have telah melakukan sebuah penelitian mengenai dampak dari kegiatan merangkai bunga terhadap penderita schizophrenia. Mereka memprediksi bahwa, ‘”Penggunaan material alami dapat menurunkan ketegangan maupun kegelisahan”.

Diambil sampel sepuluh pasien yang didiagnosa menderita schizophrenia atau schizoaffective menjalankan sesi merangkai bunga selama satu jam sehari dengan didampingi oleh beberapa staf lebih dari dua minggu. Kegiatan ini melibatkan beberapa kegiatan seperti mengikuti beberapa intruksi tertulis yang sederhana, kemudian mengingat, dan menempatkan bunga-bunga dan daun sesuai dengan posisi yang benar.

Setelah dua minggu dijalankan perilaku pasien meningkatkan dibanding sebelum mendapat perlakuan. Baik dalam kemampuan mengingat dan mampu mengontrol diri lebih baik. Sehingga kegiatan merangkai bunga dapat dikatakan cukup berhasil sebagai terapi bagi penderita schizophrenia.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *