toko bunga jogja
artikel

Ciri Bunga Matahari

toko bunga jogjaCIRI BUNGA MATAHARI

Toko Bunga Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai bagaimana cara menanam bunga matahari (Baca juga : Cara Menanam Bunga Matahari). Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang ciri-ciri bunga matahari. Penasaran bukan bagaimana bunga matahari itu?

9 Ciri ciri Bunga Matahari dan Manfaatnya

Berikut adalah penjelasan mengenai ciri-ciri bunga matahari :

  1. Bunga matahari termasuk dalam pengelompokan tumbuhan kerajaan plantae, ordo arestales, family asteraceae, dan termasuk dalam genus heliantus.
  2. Bunga matahari tumbuh di negara Amerika serikat dan bisa mencapai ketinggian 3 meter hingga 5 meter tergantung dengan jenis varietasnya masing-masing. daun bunga matahari lebar, batangnya ditumbuhi dengan rambut kasar (akan terasa gatal jika tersentuh kulit), tumbuhnya tegak dari tanah dan sangat jarang bercabang jadi hanya memiliki batang tunggal dengan satu bunga saja.
  3. Bunga matahari merupakan bunga majemuk yang berasal dari ribuan bunga dan tersusun dalam satu tangkai bunga yang besar.
  4. Saat ini terdapat dua tipe bunga matahari yaitu bunga tepi atau sering juga disebut sebagai bunga lidah. Mengapa dinamakan demikian karena tipe bunga ini merupakan bunga steril atau tanpa biji dengan ukuran kelopaknya yang sangat besar.
  5. Sedangkan tipe lainnya adalah bunga tabung yang memiliki biji di dalam bunganya. Di dalam bunga tabung ini setidaknya terdapat 2000 kuntum bunga atau biji di dalamnya.
  6. Bunga matahari memiliki pergerakan sendiri yang dinamakan bunga heliotropisme dimana bunganya selalu mengikuti kemana arah matahari berjalan. Oleh karena itulah bunga ini diberi nama bunga matahari karena selalu mengikuti matahari dan juga karena bentuk bunga ini yang hampir sama dengan matahari secara imajiner.
  7. Karena pergerakan ini bunga matahari memiliki keuntungan 10% dari proses fotosintesis. Proses penyerbukan bunga matahari dilakukan dengan kawin silang yang dibantu oleh pergerakan angin yang menyebarkan serbuk sari jauh pada putik bunga betina dan kemudian terjadilah pembuahan.
  8. Di dalam bunga matahari terdapat buah yang berbentuk kurung, biji bunga matahari yang sebenarnya ada di dalam buah lain yang melindunginya yang memiliki kulit tebal dan keras.
  9. Biji bunga matahari ini banyak digunakan untuk konsumsi dan diambil minyaknya karena di dalam minyak bunga matahari terdapat lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *