Tips Menanam Bunga Sedap Malam
artikel, toko bunga

Ciri Bibit Tanaman yang Bagus

CIRI BIBIT TANAMAN YANG BAGUS

Ciri Bibit Tanaman yang Bagus –  Kualitas tanaman atau bagusnya pertumbuhan dari tanaman ditentukan dari bagus dan tidaknya bibit tanaman. Akan tetapi bagi orang awam seringkali buta dalam pengetahuan seperti apa bibit yang bagus dan sebaliknya. Dikarenakan mungkin antara bibit tanaman bagus dan bibit tanaman kurang bagus hampir mirip-mirip. Untuk mendapatkan bibit unggul, beberapa cara bisa dilakukan salah satunya dengan kloning atau disebut juga bibit vegetatif.

Bibit vegetatif yaitu bibit yang dihasilkan bukan dari perkawinan spora jantan dan betina melainkan diambil dari genetik induk saja. Induk tanaman yang memiliki kualitas bagus akan diperbanyak menjadi bibit unggul seperti induknya. Bibit unggul hanya megambil kualitas – kualitas yang baik dari induknya. Kualitas yang dimaksud meliputi pertumbuhan yang cepat, ukuran besar buah, ketebalan daging buah, banyaknya buah yang dihasilkan, dan ketahanan terhadap serangan hama atau penyakit tanaman.

Ciri – ciri bibit tanaman buah dikatakan unggul

  1. Pertumbuhan bibit seragam

Bibit yang berkualitas apabila ditanam secara bersama-sama, maka semuanya akan tumbuh bersama-sama juga.

Tahan saat dipindah

Bibit yang unggul apabila dipindah ke lain tempat tidak akan mudah mati dan dapat tetap hidup dan tumbuh.

  1. Tahan terhadap hama

Bibit unggul tidak rentan akan serangan hama. Bibit unggul tidak mudah mati karena serangan hama. Hal ini akan efektif mengurangi biaya perawatan pada tanaman. Selain itu hasil yang diberikan juga tetap berkualitas baik.

  1. Tumbuh lebih cepat

Jika pada bibit biasa, terdapat gangguan pertumbuhan ataupun perlambatan pertumbuhan, tidak pada bibit unggul. Bibit yang unggul akan tumbuh lebih cepat dan dengan pertumbuhan yang baik dan serempak.

  1. Tahan terhadap perubahan iklim

Tanaman dengan bibit yang tidak bagus akan matia pabila kekurangan ar atau kelebihan air. Namun pada bibit tanaman buah unggul, akan dapat beradaptasi dengan cuaca sangat baik. Tanaman dengan bibit unggul dapat bertahan dan tidak mati meskipun di musim penghujan atau kemarau.

  1. Produktivitas tinggi

Tanaman dengan bibit unggul dapat menghasilkan jumlah buah yang lebih banyak dari pada biasanya. Apabila biasanya dalam satu pohon hanya menghasilkan 10 buah, maka tanman dengan bibit unggul dapat menghasilkan dua kali lipat atau lebih dari bibit biasa. Selain itu kualitas daging buah, besarnya, dan lain- lainnya memiliki kualitas yang lebih bagus.

  1. Memiliki akar yang banyak

Bibit yang berkualitas menghasilkan tanaman dengan akar yang banyak. Akar merupakan jalan masuknya air dan nutrisi dari dalam tanah, sehingga bibit yang baik memiliki serabut yang banyak untuk asupan nutrisi bagi dirinya. Semakin banyak akar serabutnya, maka jalur asupan nutrisi juga semaki banyak.

Bibit tanaman buah unggul ini tentu sangat menguntungkan bagi petani. Meskipun harganya lebih mahal, tapi hasil yang diberikan berkualitas bagus sehingga dapat mengimbangi pengeluaran modal utama pertanian. Bibit buah unggul ini mendatangkan banyak manfaat bagi petani seperti buah – buahan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, jumlah hasil panen lebih banyak, tanaman tidak mudah mati dan akan terus berkembang dan berbuah, dan dapat meringankan biaya perawatan harian.

Bibit tanaman buah unggul juga sangat cocok buat Anda yang tidak memiliki lahan tanam yang cukup luas, namun tetap bisa mendapatkan kuantitas buah yang banyak. Sangat bermanfaat sekali jika memiliki tanaman buah sendiri, jika musimnya sudah tiba Anda bisa menikmati buah hasil tanam sendiri.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

One thought on “Ciri Bibit Tanaman yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *