toko bunga jogja
artikel, Artikel Bunga

Cara Menanam Pohon Mangga

toko bunga jogjaCARA MENANAM POHON MANGGA

Toko Bunga Jogja – Hayoo, siapa yang disini sangat suka dengan buah mangga? Tentu banyak yang suka bukan? Buah mangga ini rasanya manis dan enak. Nah siapa juga yang pernah makan buah mangga tanpa dikulas kulitnya? Pasti semua sudah pernah! Hehe. Ngomong-ngomong soal buah mangga, tahukah Anda bagaimana cara menanam pohon mangga?

Cara Menanam Benih Mangga

  • Ambil mangga yang sangat matang, dan potong buahnya dari sekam di bagian tengah mangga tanpa menembus kulitnya. Hapus sisa buah dari kulit.
  • Potong kulitnya terbuka dengan pisau tajam. Lakukan ini dengan hati-hati, karena Anda tidak ingin merusak benih yang ada di dalamnya.
  • Keluarkan benih dan buang sekam. Benih akan berbentuk kacang lima dengan area ringan di atas disebut mata.
  • Isi pot tanam dengan pot tanah. Pastikan menggunakan panci dengan lubang drainase.
  • Basahi tanah sedikit.
  • Buat lubang kecil dan tempatkan benih di dalam lubang dengan mata menghadap ke atas.
  • Tutupi benih dengan setengah inci (1,27 cm) tanah. Benih harus tumbuh dalam beberapa minggu.
  • Airkan tanaman Anda dengan air suam-suam kuku setiap kali Anda melihat tanah agak kering. Mangga tidak membutuhkan banyak air.
  • Kembalikan tanaman di luar rumah jika cukup kuat

Pohon mangga bibit memiliki sistem akar yang lebih kuat dan tumbuh dengan kuat daripada pohon yang dicangkokkan. Tapi mereka tidak tumbuh sesuai dengan benih, bahkan jika Anda menanam benih mangga yang enak rasanya; Anda akan tahu hanya saat pohon menghasilkan buah.

Pohon mangga adalah tanaman berakar dalam yang bisa menjadi spesimen besar di bentang alam. Mereka hijau dan umumnya diproduksi dari batang bawah yang meningkatkan sifat tahan banting tanaman. Pohon mangga mulai memproduksi buah dalam tiga tahun dan membentuk buah dengan cepat. Pilihlah variasi yang paling sesuai untuk zona Anda. Tanaman ini dapat berkembang di hampir semua tanah namun membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik di tempat dengan perlindungan dari dingin. Posisikan pohon Anda di tempat yang akan menerima sinar matahari penuh untuk menghasilkan buah terbaik.

Mengenal Jenis mangga

Jenis-jenis pohon mangga unggulan yang seringkali ditanam oleh petani antara lain: mangga madu, mangga harum manis, mangga apel, mangga manalagi, mangga golek, mangga kueni, mangga gadun dan jenis mangga lainnya.

Secara umum cara menanam mangga untuk semua variasi jenis mangga di atas sama saja, namun yang paling mudah dan banyak peminatnya yaitu mangga harum manis. Mangga harum manis mempunyai buah yang manis, bijinya agak kecil namun daging mangganya tebal, sehingga menjadi pilihan yang tepat apabila dibudidayakan. Budidaya mangga harum manis pun dapat dilakukan dengan penanaman biji atau dengan cangkok. Namun untuk menghasilkan tanaman mangga cepat berbuah maka sebaiknya menggunakan cara cangkokan.

Langkah Menanam Pohon yang Dikembangkan

  • Setelah memilih lokasi penanaman yang tepat dengan kondisi yang diinginkan, menanam pohon mangga relatif mendasar.
  • Hapus rumput atau gulma dari tempat penanaman, buat area bebas vegetasi berdiameter sekitar empat kaki. Jaga agar daerah bebas dari pertumbuhan karena ini mengurangi kemungkinan kerusakan pada batang dan akar dari penggunaan peralatan rumput dan penggalian.
  • Gali lubang yang tiga kali lebih dalam dan lebar dari wadah yang memegang pohon mangga. Membuat lubang besar mengendur tanah sehingga akar tebu mangga memiliki waktu lebih mudah menyebar ke seluruh area.
  • Isi ulang lubang dengan cukup tanah yang digali sehingga mangga berada pada tingkat yang sama dengan tumbuh di dalam wadah pembibitan. Anda tidak ingin menanam pohon lebih dalam daripada tumbuh dalam wadahnya karena memberi tekanan yang tidak semestinya pada pohon.
  • Isi lubang di tengah jalan dengan tanah dan kerahkan di sekitar akar dan air untuk membantu mengeluarkan kantong udara. Isi sisa lubang dengan tanah.
  • Airkan lokasi penanaman, jenuh sistem akar secara menyeluruh.

Persyaratan Pertumbuhan Lanjutan

Pohon mangga memiliki beberapa persyaratan lanjutan untuk pertumbuhan yang sehat . Pohon dengan kebutuhan pertumbuhan mereka akan mulai berbunga dan menghasilkan buah dalam waktu sekitar tiga tahun.

Persyaratan Air

Pohon mangga yang baru ditanam memerlukan beberapa kali air setiap minggu sampai sistem akar pohon membentuk dirinya ke lokasi penanaman, yang umumnya memakan waktu delapan minggu. Setelah itu, dan kecuali kondisi hujan, terus menyirami pohon setiap minggu. Kurangi jumlah air sampai dua kali dalam sebulan selama musim gugur dan musim dingin.

Persyaratan Pupuk

Pohon mangga memanfaatkan aplikasi pupuk secara teratur, tapi jangan terlalu banyak membuahi agar tidak membakar pohon. Gunakan produk yang dirancang untuk pohon buah atau dengan analisis 6-6-6 atau 21-0-0 dan ikuti instruksi produk pada jumlah. Bagi aplikasi menjadi tiga sampai empat aplikasi yang diterapkan setiap bulan sampai akhir musim panas. Sebarkan pupuk secara merata di bawah kanopi dan goresan ke dalam tanah, pastikan untuk tidak memotong produk dari batang pohon. Airkan pupuk ke dalam tanah.

Persyaratan Pemangkasan

Pemangkasan cabang lateral pohon mangga muda selama tahun pertama menciptakan pohon bushier dengan bingkai kuat yang menghasilkan lebih banyak bunga dan buah. Pohon dewasa tidak memerlukan pemangkasan tambahan selain untuk membuang cabang yang mati, rusak atau sakit. Potong bagian yang rusak hanya menjadi kayu hidup. Jika embun beku atau pembekuan merusak pohon, tunggu sampai musim semi memangkas area yang terkena. Jika pohon membutuhkan pemangkasan untuk mengendalikan bentuk atau ukurannya, tunggu sampai pohon itu berbunga dan berbuah. Pohon mangga yang dipangkas dengan berat bisa memakan waktu sepanjang musim sebelum berbunga dan berbuah lagi.

Masalah Penyakit dan Hama

Beberapa hama dan penyakit bisa menginfeksi pohon mangga. Pencegahan terbaik adalah tumbuh dalam kondisi yang diinginkan dan menjaga area di bawah pohon bebas dari daun dan puing yang hilang

Penyakit

Manggis rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui tanah antraknosa dan layu verticillium, bersamaan dengan penyakit umum embun tepung dan karat merah. Anthracnose dapat diobati dengan semprotan tembaga tapi dengan layu verticillium akan mengalami dedaunan kecoklatan dan layu, yang menyebabkan kematian mangga. Jamur embun dan karat merah bisa diobati dengan fungisida tembaga.

Pemupukan pohon mangga dengan terlalu banyak nitrogen menyebabkan kondisi hidungnya lunak. Buah-buahan yang terkena dampak kondisi akan mengerut di puncaknya. Kontrol kondisi dengan menerapkan jumlah pupuk yang benar dan tidak berlebihan dengan menerapkan terlalu banyak.

Cetakan jelaga adalah masalah jamur yang terkait dengan adanya serangga pengisap getah seperti thrips, mealybugs dan skala saat mereka mengeluarkan honeydew. Zat hitam tebal menutupi dedaunan dan biasanya tidak mengancam kehidupan. Jika infestasi cetakan berat, lepaskan dengan mencuci dedaunan dengan ledakan air yang kuat atau dengan menggunakan larutan sabun dan air sabun yang lemah.

Hama

Hama yang umum menyerang pohon mangga meliputi skala, kutu tepung, thrips dan tungau. Serangga menyedot getah dari dahan pohon dan kulit kayu. Inspeksi dekat dedaunan dan cabang biasanya akan menunjukkan serangga yang menempel di daerah tersebut. Jika infestasi tidak besar, hancurkan mereka dari pohon menggunakan air. Gunakan sabun insektisida atau minyak untuk mengendalikan serangga jika infestasi berat dan ikuti petunjuk label untuk mencampur dan menerapkannya. Agar tidak membakar dedaunan mangga, oleskan insektisida di pagi hari atau sore hari jika kondisinya tidak cerah.

Panen Mangos

Sementara mangga akan matang di pohon, pemanenan mangga biasanya terjadi saat perusahaan belum matang. Hal ini bisa terjadi 3-5 bulan sejak mereka berbunga, tergantung variasi dan kondisi cuaca. Manggis dianggap matang saat hidung atau paruh (ujung buah berlawanan dengan tangkai) dan pundak buah sudah terisi. Bagi petani komersial, buah harus memiliki minimal 14% bahan kering sebelum memanen mangga. Sejauh pewarnaan, umumnya warnanya sudah berubah dari hijau menjadi kuning, mungkin dengan sedikit blush. Bagian dalam buah pada saat kematangan berubah dari putih menjadi kuning.

Cara Memetik Buah Mangga

Buah dari pohon mangga tidak matang sekaligus sehingga Anda bisa memilih apa yang ingin Anda makan segera dan meninggalkan beberapa pohon di pohon. Ingatlah bahwa buah akan memakan waktu setidaknya beberapa hari untuk matang setelah dipetik. Untuk memanen mangga Anda, beri buah tarikan. Jika batangnya terlepas dengan mudah, sudah matang. Terus panen dengan cara ini atau gunakan gunting pemangkas untuk mengeluarkan buahnya. Cobalah untuk meninggalkan batang 4 inci di bagian atas buah. Jika batangnya lebih pendek, getah lengket, susu encut, yang tidak hanya berantakan tapi bisa menyebabkan gatal. Sapburn menyebabkan lesi hitam pada buah, menyebabkan membusuk dan memotong waktu penyimpanan dan pemakaian. Bila mangga sudah siap untuk disimpan, potong batangnya sampai Ā¼ inci dan letakkan di bawah baki agar membiarkan getahnya habis. Ripen mangga antara 70-75 derajat F. (21-23 C.). Ini harus memakan waktu antara 3-8 hari dari panen.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *