artikel

Cara Menanam Bunga Cosmos

CARA MENANAM BUNGA COSMOS

Cara Menanam Bunga Cosmos – Sudah dipastikan jika kebanyakan orang awam tidak mengetahui apa itu bunga cosmos dan seperti apa bunga cosmos. Memang sih, bunga ini terdengar asing dan aneh. Namun jenis bunga cosmos ini benar adanya. Nah pada artikel kali ini mari kita bahas bagaimana cara menanam bunga cosmos.

Cara Menanam Bunga Cosmos

Tanpa perlu di budidayakan sebenarnya tanaman ini dapat mudah kita temui. Awal mula bunga cosmos berasal dari Meksiko. Tanaman ini tumbuh subur di negara tropis seperti indonesia. Daunnya  dimanfaatkan sebagai konsumsi seperti dibuat salad dan lalapan.

Bahkan daun bunga cosmos ini dijuluki sebagai “The King Of Salad“. Meskipun di indonesia daun yang satu ini memiliki nilai ekonomis yang tidak terlalu tinggi, namun daunnya memiliki manfaat yang tersembunyi. Mengkonsumsi daun kenikir secara teratur diercaya dapat mengulangkan bau badan yang tidak sedap.

Bunga cosmos juga dikenal memiliki warna yang beragam dan cantik. Bunga ini mewakili keindahan dan bunga bunga yang berada dinegara tropis. Dengan warna yang mencolok dan cerah. Dalam bahasa yunani bunga cosmos diartikan sebagai lambang dari cinta yang mendalam.

Tentunya sangat cocok bukan menggunakan bunga ini sebagai ungkapan cinta pada orang terkasih seperti cara menanam bunga dandelion. Selain itu juga, akan memberi kesan tersendiri karena secara umum bunga ini sangat jarang digunakan. Padahal sebenarnya bunga ini tidak kalah cantik jika di bandingkan dengan bunga tropis lainnya.

Hanya saja bunga cosmos cenderung lebih mudah layu, sehingga kurang cocok di berikan sebagai bunga buket atau bunga hias. Namun, jika anda memberikannya sebagai bunga hidup maka keindahannya akan tetap dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Cukup menarik bukan, berikut 7 cara menanam bunga cosmos di pekarangan rumah. Simak selengkapnya.

1. Menyiapkan Benih Bunga Cosmos

Bunga cosmos merupakan bunga yang diperbanyak melalui biji sama seperti cara menanam bunga balsam . Untuk mendapatkan benihnya anda bisa membelinya di toko offline atau melakukan pemesanan melalui situs online yang banyak menjual benih bunga.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika membeli benih di toko offline atau online, antara lain:

  • Pastikan bahwa anda membeli di seller yang terpercaya, sebaiknya baca review para pembeli yang telah terlebih dahulu membeli di toko tersebut.
  • Pastikan biji memiliki daya tumbuh di atas 90% dan daya kecambah diatas 95%.
  • Selalu usahakan membeli benih yang telah tersertifikasi agar kualitas benih baik.
  • Untuk menjaga kualitas benih, simpan benih pada suhu ruang dan hindarkan dari sinar matahari langsung.
  • Jika ingin menyimpannya di kulkas, maka letakkan di tempat tersendiri dan jangan bercampur dengan tempat penyimpanan sayuran.

2. Menyemai Benih 

Setelah memperoleh benih yang akan di tanam. Maka tahap selanjutnya adalah menyemai benih hal ini tentu berbeda dengan cara menanam bunga bungur.

Pada dasarnya tahapan ini bisa saja anda lewati, namun dengan menyemai benih maka anda akan bisa memiliki tanaman yang tumbuh seragam dan tentunya dapat berbunga dengan serentak. Selain itu juga, penyemaian akan mempermudah tanaman beradaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga jarang ada tanaman yang mati ketika ditanam dari bibit persemaian.

Langkah-langkah menyemai bunga cosmos seperti dibawah ini :

  • Keluarkan benih dari dalam bungkus, kemudian rendam benih menggunakan air.
  • Rendam selama semalam, lalu buang jika ada biji yang mengambang. Biji ini tidak memiliki kualitas baik sehingga harus disingkirkan.
  • Anda harus menyiapkan media tanam dari campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Campur rata dan gemburkan kedua media, kemudian ayak dan ambil bagian halusnya saja.
  • Setelah itu masukkan media tanam kedalam plastik polibag, yang terlebih dahulu bagian bawahnya telah diberi lubang.
  • Isikan media hingga padat dan penuh sampai kepermukaan polibag.
  • Setelah itu anda dapat menanam biji bunga cosmos, dengan cara membuat lubang tanam kira kira 2mm.
  • Kemudian isikan biji kedalam media tanah, selanjutnya tutup kembali menggunakan media.
  • Setelahnya siram menggunakan air secukupnya, dan tempatnya bibit semai pada lokasi yang teduh dan dilengkapi dengan naungan.

3. Transplanting Bibit Tanaman Ke Pekarangan Rumah

Setelah 5-7 hari, benih akan mulai berkecambah. Jika ada polibag yang tidak menghasilkan kecambah tanamah maka sebaiknya tanam ulang dengan biji baru seperti pada cara menanam mawar hitam dari biji .

Kemudian 1-2 minggu tanaman akan mulai tumbuh menjadi tanaman muda pada saat ini, tanaman rawan diserang jangkrik atau belalang. Sehingga anda harus menyemprotkan insektisida dengan dosis rendah. Setelah 4 minggu setelah tanam maka anda sudah bisa memindahkan tanaman ke lapangan atau pekarangan rumah.

Berikut tahapan lengkapnya :

  • Pilih bibit yang benar benar sehat, kuat, kokoh dan tidak terserang hama atau penyakit.
  • Sebelum dipindah terlebih dahulu anda hrus membuat lubang tanam sedalam 20x20x20cm.
  • Kemudin masukkan pupuk kandang 2-3 kg kedalam lubang tanam, dan diamkan selama satu minggu.
  • Setelah itu, anda dapat melakukan penanaman dengan merobek plastik polibag lalu kemudian menanam bibit bunga kosmos berserta tanam dalam polibag.
  • Tutup lubang tanam menggunakan tanah galian hingga rata.
  • Jangan lupa menggemburkan tanah sekitar lokasi lubang tanam.
  • Dianjurkan untuk melakukan transplanting pada pagi ataupun sore hari ketika cuaca sedang tidak terik. Itulah cara menanam bunga cosmos.

4. Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap 2 kali dalam sehari. Bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika cuaca terik intensitas penyiraman dapat di tingkatkan seperti pada cara menanam melati jepang. Apalagi di awal masa penanaman dimana akar belum kuat dalam mencengkeram tanah. Sehingga kondisi kering sedikit saja dapat menyebabkan tanaman layu dan bahkan mati.

Sehingga tentu hal ini harus benar benar di perhatikan. Beda saat musim penghujan tiba, maka anda tidak perlu menyiramnya. Karena air hujan sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

5. Pemupukan dan Pemasangan Ajir

Untuk pemupukan sendiri, harus diberikan secara proporsional. Dimana jika terlalu banyak diberikan pupuk nitrogen maka tanaman hanya akan rimbun daunnya saja dan menghasilkan bunga sedikit sepertu juga pada cara menanam bunga desember.

Oleh karenanya berikan pupuk NPK slow release secara proporsional. Cukup berikan saat awal masa tanam hingga tanaman berumur 6 minggu setelah tanam. Saat tanaman mulai bertambah tinggi ada baiknya memasang ajir. Untuk membantu tanaman tetap tumbuh tegak dan tidak roboh. Akan sangat merugikam bukan, jika tanaman yang susah payah di tanam harus roboh karena terkena angin.

6. Penyiangan dan Pemangkasan

Penyiangan merupakan upaya untuk menyingkirkan gulma yang berada disekitar tanaman. Gulma ini cukup memganggu karena dapat menghambat penyerapan nutri pada tanaman seperti juga pada cara menanam bunga camelia.

Oleh karenanya, penyiangan harus dilakukan secara rutin setiap 1-2 minggu sekali. Selain penyiangan pemangkasan juga merupakan faktor penting untuk membuat bunga cosmos lebih cepat berbunga. Pemangkasan daun muda dimaksudkan untuk membuang daun yang terlalu rimbun, sehingga tanaman akan cepat menghasilkan bunga. Anda bisa menggunakan daun yang dipangkas sebagai lalapan atau salad sehingga dapat bermanfaat.

Jangan lupa untuk menyemprotkan larutan fungisida setelah pemangkasan. Hal ini agar luka bekas pemangkasan tidak terserang oleh bakteri atau jamur.

7. Bunga Cosmos Siap Berbunga

Setelah berumur 7-8 minggu bunga cosmos akan mulai berbunga untuk pertama kalinya. Tentu saja momen ini merupakan saat yang paling dinanti seperti juga pada cara menanam  kamboja jepang.

Agar moment mekarnya bunga cosmos dapat bertahan lama. Maka ada tips yang bisa anda lakukan. Cukup simple sebenarnya, anda hanya harus merelakan beberapa buah bunga pertama yang muncul. Pemangkasan pada bunga ini berfungsi agar bunga yang mekar selanjutnya dapat mekar lebih lama.

Jika ingin tanaman tetap dapat berbunga di bulan depannya, maka pemeliharaan dan perawatan harus terus dilanjutkan. Serta saat tanaman tidak produktif lagi maka sebaiknya replanting kembali dengan tanaman yang baru.

Nah, itu tadi 7 cara menanam bunga cosmos di pekarangan rumah. Cukup mudah bukan, bahkan bagi anda yang merupakan pemula. Selain sebagai penghias taman, daun tanamannya bisa anda gunakan sebagai lalapan atau salad yang menyehatkan.

Tentunya keindahan bunganya juga bisa anda nikmati setiap waktu. Tanpa perlu menunggu hingga berbulan bulan lamanya. Dalam waktu dua bulan saja bunga cosmos dapat menambah kesan asri dan sejuk di pekarangan rumah anda. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *