Karangan bunga, Pusat Bunga, toko bunga, Toko bunga online, Uncategorized

Cara Memupuk Tanaman Hias

Cara Memupuk Tanaman Hias

Pemupukan tanaman merupakan hal wajib bagi Anda yang mempunyai hobi dalam bidang ini. Nah, sebenarnya perawatan tanaman tidak sekedar menyiraminnya saja, agar subur tanaman juga harus diberi pupuk.

Ada hal-hal yang harus anda perhatikan ketika memupuk tanaman pot supaya lebih subur dan sehat karena pada dasarnya pemupukan bertujuan untuk menggantikan unsur hara yang berkurang dan habis karena telah digunakan dalam proses pertumbuhan.

Kebutuhan pupuk pada tumbuhan ditentukan oleh dua factor, yang pertama adalah pengambilan hara oleh tumbuhan dari tanah dan sebagai persediaan kandungan hara yang diperoleh dari tanah.Tips Cara Memupuk Tanaman Hias Dalam Pot

Supaya tumbuhan berkembang dan tumbuh secara normal terutama tumbuhan indoor, maka tumbuhan tersebut membutuhkan unsur penyusun tubuh, unsur katalisator, unsur perangsang dan juga unsur fisiologis dalam jumlah tertentu.

Tips Cara Memupuk Tanaman Hias Dalam Pot

Tumbuhan yang ditanam di dalam pot haruslah sering diberi pupuk dengan kandungan unsur hara yang sesuai. Terlebih jika tumbuhan tersebut masih muda dan dalam masa pertumbuhan maka pemupukan harus lebih sering.

Pemupukan pada tumbuhan yang ditanam di pot bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk yang berbentuk cair sehingga ketika anda memupuk anda juga sekaligus menyiraminya.

Cara penggunaan pupuk ini adalah dengan diencerkan terlebih dahulu dengan air dengan perbandingan yang sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Ketika tumbuhan yang ditanam semakin besar, maka tumbuhan akan semakin kekurangan zat hara, sehingga pada saat ini menjadi waktu yang efektif untuk memupuk tumbuhan tersebut.

Pupuk yang digunakan tidak hanya pupuk cair saja melainkan menggunakan pupuk kandang, kompos atau humus. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkannya dengan media tanam.

Pupuk ini berguna untuk menggemburkan tanah sehingga lebih mudah ditembus oleh akar yang semakin hari semakin besar dan panjang. Bisa juga menggunakan pupuk organik seperti urea, tsp, kcl atau npk.

Jenis Pupuk Organik Untuk Tanaman Hias

Kebanyakan pupuk organik yang digunakan adalah npk karena pupuk ini tergolong pupuk yang mengandung fosfat, nitrogen dan kalium. Untuk mendapatkan pupuk ini anda bisa membelinya di toko pupuk pertanian dan perkebunan.

Waktu pemupukan juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pemberian pupuk juga harus disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang anda tanam.

Jika anda menggunakan pot dengan ukuran berdiameter 20 cm maka anda bisa menggunakan pupuk urea sekitar 2 g. Cara pemupukannya bisa dilakukan melalui akar atau daun. Jika lewat akar maka anda bisa menanam pupuk di dalam pot kemudian siram menggunakan air.

Sedangkan pupuk yang bersifat kimia bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan daun yang akan diteruskan menuju bagian dalam tumbuhan. Sebelum digunakan pupuk daun ini harus diencerkan terlebih dahulu menggunakan 10 liter air. Pemupukan bisa dilakukan sekitar 3 bulan sekali.

Itulah cara memupuk tanaman pot yang baik dan tepat. Dengan dilakukan pemupukan yang benar dan tepat maka tumbuhan akan semakin tumbuh subur.

 

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *