toko bunga jogja
artikel

Cara Memilih Jenis Pot Untuk Tanaman Anda

toko bunga jogjaCARA MEMILIH JENIS POT UNTUK TANAMAN ANDA

Toko Bunga JogjaTanaman identik dengan cantik dan segar. Selain dari tanamannya yang membuat cantik, alangkah akan lebih cantik jika tanaman menggunakan pot bunga yang cantik juga. Lantas bagaimana sih cara menentukan pot bunga yang baik dan benar untuk tanaman Anda?

Cara Memilih Pot Bunga Yang Baik

1. Perhatikan Ukuran Pot

Yang pertama anda harus memperhatikan ukuran pot bunga itu sendiri. Apakah sudah sesuai dengan ukuran tanaman bunga anda atau tidak. Jika tidak maka singkirkan dan jika sudah maka pilih pot tersebut. Ukuran pot itu sangatlah penting karena apabila menggunakan pot yang terlalu kecil maka tidak dapat digunakan untuk menampung tanaman dengan baik dan khususnya untuk pertumbuhan akar tanaman. Apabila tidak diperhatikan dengan benar maka pertumbuhan pada akar tanaman akan terganggu dan proses perkembangan pun juga akan terhambat.

sesuaikan-ukuran-pot
Sebaiknya sesuaikan besar tanaman dengan ukuran pot/wadah. Selain terlihat seimbang, juga terkesan rapi dan pastinya lebih betah dipandang.

Namun menggunakan pot yang terlalu besar itu juga tidak baik. Apabila ukurannya terlalu besar maka dapat menyebabkan tanaman tidak dapat menjangkau unsur hara dan dapat dikatakan mubazir. Hal tersebut juga dapat membuat tanaman lebih mudah membusuk karena akan terjadi gumpalan basah pada dasar tanaman. Oleh sebab itu, sesuaikan ukuran pot dengan kondisi tanaman. Apabila jenis tanaman kecil maka pot ukuran kecil dapat digunakan, apabila tanaman berukuran sedang maka gunakan pot sedang, dan begitu juga dengan tanaman dewasa yang harus menggunakan pot besar.

2. Perhatikan Bahan Pot Yang Di Gunakan

Yang kedua yaitu anda harus memperhatikan bahan apa yang digunakan dalam pembuatan pot. Apakah terbuat dari tanah liat, keramik, plastik, porselen, dan bahkan dari kayu. Bahan dari pembuatan pot ini harus disesuaikan dengan sifat tanaman bunga anda karena hal ini juga dapat mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang tanaman. Seperti misal pot yang terbuat dari tanah liat yang memiliki sifat poros dan membuat air serta udara dapat masuk melalui dinding pot tanah liat tersebut maka dapat menyebabkan media tanam akan menjadi cepat kering. Maka untuk pot yang demikian akan cocok di tanami dengan tanaman yang sifatnya bertahan dalam media kering. Hal tersebut berbeda dengan jenis pot yang terbuat dari bahan plastik yang sifatnya sulit dilewati oleh air dan juga udara sehingga media tanamnya akan memiliki kelembaban tanah yang cukup.

3. Sesuaikan Bentuk Pot

Yang ketiga yaitu anda juga harus memperhatikan bagaimana bentuk pot yang sebaiknya digunakan. Yang biasa terjadi yaitu ketika tanaman pada awalnya terlihat serasi dengan bentuk pot dan seiring tumbuh kembang tanaman lama kelamaan tanaman menjadi tidak sesuai dengan bentuk pot maka hal yang harus dilakukan yaitu memperhitungkan pertambahan atas ukuran tanaman yang dari waktu ke waktu akan berubah. Misal pada awal peletakkan tanaman dengan pot sudah serasi kemudian pada 1 tahun yang akan datang tanaman akan bertumbuh entah semakin tinggi, besar, atau rimbun maka anda pun juga dapat tetap membuatnya cantik dalam pot lama dengan cara pemangkasan yang benar.

Penggunaan-pot-harus-disesuaikan
Perhatikan serasi atau tidaknya bentuk tanaman dengan pot yang Anda gunakan. Serta jangan asal menempatkannya.

4. Sesuaikan Harga Pot Dengan Harga Tanaman

Yang keempat yaitu Anda juga harus memperhatikan harga pot yang sebaiknya juga disesuaikan dengan harga tanaman bunga anda. Keindahan tanaman justru akan tertunjang dari nilai pot yang juga disesuaikan dengan tanamannya, misalnya tanaman mahal dari kelompok palem seperti bunga zelea, beringin, dan lain sebagainya tersebut akan nampak indah dengan pot yang bernilai pantas juga karena apabila jenis tanaman tersebut memiliki nilai jual tinggi dan diletakkan dalam pot biasa maka keindahan dari tanaman tersebut akan berkurang. Dan begitu juga dengan sebaliknya, untuk tanaman yang memiliki harga murah maka dapat diletakkan pada pot yang harganya juga sepadan yaitu murah. Karena apabila tanaman murah diletakkan pada pot yang mahal maka akan muncul ketidak serasian.

Biasanya tanaman bunga tidak hanya dapat digunakan sebagai hiasan halaman saja karena saat ini sudah banyak yang menggunakan tanaman bunga sebagai penghias ruangan. Untuk jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai dekorasi penunjang tanaman juga harus disesuaikan dengan pot yang mampu memberikan keindahan dan sesuai dengan lokasi atau tema ruangan tersebut. Berikut ini adalah tips untuk memilih pot tanaman bunga indoor.

Cara Memilih Pot Bunga Indoor

1. Gunakan Pot Selubung Atau Pot Cantik

Untuk hal demikian maka gunakanlah pot selubung atau pot cantik yang dapat mempermanis ruangan. Biasanya pot tersebut terbuat dari bahan keramik, logam, rotan, dan kayu yang didekoratif seindah mungkin. Pot seperti ini memang memiliki harga jual yang lebih mahal karena tidak hanya sekedar sebagai wadah tanaman bunga saja namun juga digunakan sebagai ornament atau penghias ruangan rumah. Jadi dengan menggunakan pot seperti ini akan jauh lebih mudah ketika hendak dipindah-pindahkan pada satu tempat ke tempat yang lainnya. Biasanya gedung-gedung besar juga telah menggunakan pot selubung atau pot cantik untuk menghias ruangannya seperti hotel, vila, dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan pot keramik untuk bunga-bunga indoor.
Anda bisa menggunakan pot keramik untuk mempercantik bunga-bunga yang Anda tanam di dalam ruangan.

2. Sesuaikan Dekoratif Pot Dengan Jenis Tanaman

Hal yang juga harus diperhatikan yaitu menyesuaikan dekoratif pot dengan jenis tanaman yang akan diletakkan ke dalam pot tersebut. Untuk tanaman yang tumbuh dengan bentuk daun yang unik dapat diletakkan ke dalam pot yang memiliki dekoratif simpel dan sebaliknya untuk tanaman yang simpel dapat diletakkan ke dalam pot yang memiliki dekoratif bercorak ramai. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesan berlebihan pada tanaman sehingga antara dekoratif pot dan tanaman dapat diseimbangkan. Kemudian untuk masalah warna pot juga harus disesuaikan dengan warna daun atau warna bunga pada tanaman.

3. Sesuaikan Dekoratif Pot Dengan Tema Ruangan

Hal ini sangat penting sekali yaitu menyesuaikan dekoratif pot dengan tema ruangan. Hal ini harus diperhatikan agar tanaman indoor tidak merusak tema interior ruangan. Jadi nantinya akan terlihat seimbang yaitu tanaman yang cantik dengan interior rumah yang indah pula.

sesuaikan-pot-dengan-dekorasi-rumah
Apabila ruangan rumah Anda berwarna minimalis, maka gunakan pot yang warnanya senada, tidak begitu mencolok namun dapat menarik perhatian.

4. Menambahkan Ground Cover

Untuk menambah keindahan dari tanaman dapat diberi tambahan grand cover seperti pasir atau bahkan batu hias yang di letakkan di atas media tanam untuk menutupi tanah. Biasanya media tanah akan memiliki kesan yang kotor sehingga akan jauh lebih baik di hiasi dengan ground cover ketika di letakkan di dalam ruangan.

Itulah beberapa informasi mengenai tips memilih pot bunga untuk tanaman yang dapat anda gunakan sebagai referensi ketika anda hendak membeli pot untuk tanaman bunga anda. Memang di dalam peletakkan tanaman bunga itu sangat penting untuk menunjang keindahan dari bunga tersebut. Maka pot sebagai wadahnya juga harus di sesuaikan. Peletakkan tanaman dalam pot yang salah dapat merusak nilai keindahan dari tanaman bunga itu sendiri.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *