Karangan bunga, Pusat Bunga, toko bunga, Toko bunga online

Begini Perbedaan Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai

Mungkin kebanyakan orang tidak tau bahwa bunga rafflesia dan bunga bangkai tidaklah sama. Bunga bangkai adalah nama lain dari bunga rafflesia, itu yang sudah menjadi opini kita selama ini. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan antara bunga rafflesia dan bunga bangkai. Langsung saja mari simak ulasan singkat kami.

1. Nama Latin

Padma: Rafflesia Arnoldii.
Bangkai: Amorphpophallus titanium. Amorphos = bentuk yang rusak. Phallos = penis atau alat kelamin laki-laki. Kira-kira kenapa hayooo dinamakan seperti iniii?

2. Penemuan

Rafflesia: Ditemukan pertama kali oleh peneliti Joseph Arnold yang tergabung dalam ekspedisi Thomas Stamford Raffles di tahun 1818. Namanya digabung, jadi deh Rafflesia Arnoldii. Tapi pasti orang aseli Bengkulu yang pertama kali lihat ya, cuma namainnya beda aja dan nggak dipatenkan.

Bangkai: Masih di pulau Sumatera, bunga Bangkai ditemukan pertama kali di tahun 1878 oleh ahli botani Italia bernama Odoardo Beccari.

3. Penampakan

Rafflesia: Cebol, bunganya merekah ke samping, kelopaknya berjumlah 5, terlihat merah dan besar, menempel pada inang.
Bangkai: Bunganya memanjang ke atas, tampilannya tinggi semampai. Sebetulnya bunga bangkai adalah kumpulan dari ribuan bunga namun butuh pada batang yang sama dan diselubungi oleh bagian spathe atau semacam tudung untuk si bunga. Ternyata, ribuan bunga yang baunya sedikit, ketika berkumpul bisa bikin bulu idung kita kerja bakti!

4. Tipe Tumbuhan

Rafflesia: Endoparasit pada tumbuhan merambat genus Tetrastigma sehingga tidak memiliki batang dan daun yang sesungguhnya. Jika inangnya mati, dia ikut mati. Berkembang dari bongol. Terdiri dari 22 jenis.

Bangkai: Marga Amorphophallus yang terdiri dari 170an spesies. Berkembang dari umbi, bunga bangkai merupakan sebetul-betulnya tanaman. Gak parasit kayak Rafflesia yang bisanya cuma nyusahin inangnya. Hih. Sori ya kita gak selevel, Raff.

5. Warna

Rafflesia: Kemerahan, kadang oranye atau jingga dengan totol-totol putih
Bangkai: Merah keunguan, dengan kelopak bagian luar hijau-krem

6. Umur

Rafflesia: Dari bonggol kecil hingga mekar butuh waktu hingga 14 bulan. Lalu mekarnya 5-7 hari dari berkembang hingga layu dan berwarna kehitaman.
Bangkai: Dari tunas hingga mekar sempurna, dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan, namun untuk menjaga dan membuat si bunga jadi tunas, bisa sampai 4 tahun! Dan ketika sudah mekar, umurnya hanya 24 jam. Di jam-jam tersebutlah si bunga menguarkan bau yang terkenal itu. Bau busuk seperti bangkai yang bisa membuat 1 kelurahan pingsan. Usianya  bisa mencapai 40 tahun, namun mekarnya hanya 7-9 tahun sekali. Hiks.

7. Ukuran

Rafflesia: Bunga terbesar di dunia, yang mana dapat tumbuh hingga diameternya 3 meter.
Bangkai: Marga Amorphophallus sempat ditasbihkan menjadi bunga tertinggi di dunia karena mencapai tinggi 3 meter lebih.

 

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *