artikel

Alasan Bunga Putri Malu Menutup Ketika Disentuh

ALASAN BUNGA PUTRI MALU MENUTUP KETIKA DISENTUH

Bunga Putri Malu – Di artikel sebelumnya kita sudah bahas apa saja ciri – ciri bunga putri malu, dimana salah satu cirinya adalah menutup ketika disentuh. Nah mengapa demikian? Simak alasaanya !

Alasan Bunga Putri Malu Menutup Ketika di Sentuh

Alasan mengapa putri malu ini bisa tertutup karena tanaman ini kehilangan tugor. Tugor ini adalah tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola atau lubang sel serta isi sel lainnya.

Sehingga, saat tanaman ini diberikan rangsangan maka testimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia tersebut, termasuk ion potassium yang akhirnya memaksa air keluar dari vacuole. Air itupun berdifusi mengeluarkan sel hingga menyebabkan hilangnya tekanan sel dan sel pun menjadi kempis. Hal itulah yang membuat tanaman putri malu akhirnya tertutup dan mengempis.

Para ilmuan menduga bahwa cara tanaman putri malu tersebut menutup saat tersentuh adalah upaya dalam perlindungan diri terhadap pemangsa. Karena hal tersebut tentu akan membuat hewan pemakan tanaman merasa takut, saat tanaman putri malu ini bisa memberikan respons yang begitu cepat dengan sentuhan. Hal tersebut membuat hewan-hewan pemangsa lebih memilih memakan tumbuhan lainnya.

Jika diperhatikan lebih seksama, tanaman putri malu memliki warna daun yang lebih pucat. Saat tanaman tersebut tertutup, pasti hewan yang tadinya ingin memakan akan berpikir bahwa tanaman ini telah layu dan membuat mereka kehilangan selera untuk memakannya.

Putri malu memiliki sejumlah nama yang berbeda-beda. Seperti Makahiya di Filipina, Mori Vivi di Hindia Barat, Nidikumba di Sinhala, sampai Mate-lio di Tonga.

TOKO BUNGA ASRI – Toko bunga jogja / pusat florist jogja / toko bunga online jogja & murah. Berdiri sejak tahun 1990, dengan pengalaman yang sudah puluhan tahun dan tenaga profesional di bidangnya, kami siap melayani segala macam rangkaian bunga. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami Telp : (0274) 517721 / 0822 2587 3935 (BU ASRI) / 081 125 8077 (DRAJAD) | Email : bungaasri@gmail.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *