Tanaman air apu-apu


Tanaman apu-apu atau yang biasa dikenal dengan water cabbage bisa menjadi pilihan pertama. Tanaman ini memiliki bentuk yang menyerupai sayuran kol yang merekah. Tanaman air apu-apu hanya didominasi dengan warna hijau tua. Namun hal ini tidak mengurangi keindahannya ketika disebar pada permukaan kolam. Karena daunnya yang berbulu halus seperti sutra, merekah berlapis-lapis seperti bunga yang memiliki banyak kelopak.

Tanaman air eceng gondok


Tanaman yang awalnya disebut-sebut sebagai tanaman pengganggu tanaman lain ini ternyata bisa dijadikan alternatif penghias kolam Anda. Kolam akan terlihat lebih cantik dengan tampilan eceng gondok yang unik. Daunnya berbentuk seperti kepala ular kobra yang melebar dengan ujung tangkai yang menggembung. Bunganya cantik, berwarna violet, tumbuh subur bertumpuk-tumpuk antara bunga yang satu dengan yang lain.

Tanaman air papirus 

Tanaman hijau ini dapat tumbuh di air juga di darat sehingga disebut tanaman semi aquatik. Papirus air tumbuh tegak mencapai ketinggian batang dua meter. Di ujung atas batangnya terdapat daunnya yang majemuk, panjang-panjang dan tipis seperti daun palem.